Ribuan Warga Terisolir, Bantu Penyintas Banjir Bandang Garut

Dua Desa di Kecamatan Sukaresmi diterjang banjir bandang. Ribuan warga terisolir karena jembatan satu-satunya milik mereka terputus. Bantu kuatkan penyintas banjir dengan sedekah terbaikmu!

Simpan

Ribuan Warga Terisolir, Bantu Penyintas Banjir Bandang Garut

Target

0 0

0%
0 Tidak ada waktu lagi

Ribuan Warga Terisolir, Bantu Penyintas Banjir Bandang Garut

Update : 28 Nov, 2021


Sahabat, akhir tahun ini kabar duka kerap kali datang dari berbagai wilayah Indonesia. Hingga kini tigginya intensitas hujan juga membuat beberapa wilayah Indonesia tergenang.

Kali ini berita duka datang dari wilayah Garut. Kemarin (6/11), dua desa yakni Desa Sukalilah dan Desa Sukajaya diterjang banjir hingga menyebabkan sejumlah rumah mengalami kerusakan dan ribuan warganya terisolasi.



Banjir ini terjadi akibat meluapnya Sungai Cileutik yang letaknya berdekatan dengan pemukiman warga. Berdasarkan laporan, diketahui terdapat 3 rumah yang mengalami kerusakan berat, satu jembatan terputus dan satu jembatan lainnya sudah dalam kondisi mengkhawatirkan (hampir terputus).

Salah satu jembatan yang terputus, adalah akses utama bagi warga Kampung Pelag, Desa Sukalilah. Akibatnya, kini 335 KK atau sekitar 1.200 jiwa di daerah tersebut pun terisolasi, karena tidak adanya akses jalan lain.

Tak hanya menyebabkan kerusakan pada rumah warga, banjir bandang yang terjadi juga menyebabkan puluhan hektar lahan pertanian milik warga terendam lumpur, hingga tahun ini mereka tidak bisa panen.



Saat ini, warga yang rumahnya mengalami kerusakan parah masih mengungsi di rumah tetangganya. Sementara beberapa lainnya tinggal di tenda-tenda pengungsian. Mereka sangat membutuhkan bantuan berupa pakaian, sembako, alas tidur, obat-obatan, selimut dan beberapa perlengkapan lainnya.

"Barang siapa melepaskan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan di hari kiamat. Barangsiapa memudahkan orang yang kesulitan, Allah akan memudahkannya di dunia dan akhirat." (HR. Muslim).



Inysa Allah Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Garut akan membantu memberikan paket pangan, pakaian, obat-obatan, perlengkapan mandi, alat kebersihan, perlengkapan sekolah dan renovasi beberapa rumah yang hanyut jika memungkinkan.

ACT Garut mengajak Sahabat Dermawan untuk turut membantu para penyintas banjir yang masih terisolir di wilayah Garut. Mari kuatkan ikhtiar terbaik kita untuk bantu mereka!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan