Krisis Air Bersih, Hadirkan Sumur Wakaf Keluarga di Kampung Maroangin Bersama Sokolah Kaki Langit

Sekitar 114 Kepala Keluarga mengalami krisis air bersih di Dusun Maroangin, Desa Bulo-Bulo, Kec. Pujananting, Kab. Barrus, Sulawesi Selatan, setiap harinya harus naik dan turun gunung demi beraktivitas MCK.

Simpan

Krisis Air Bersih, Hadirkan Sumur Wakaf Keluarga di Kampung Maroangin Bersama Sokolah Kaki Langit

Target

0 0

0%
0 26 hari tersisa

Krisis Air Bersih, Hadirkan Sumur Wakaf Keluarga di Kampung Maroangin Bersama Sokolah Kaki Langit

Update : 09 Nov, 2021


Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda, “Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta'ala” (HR. Muslim).

Krisis air bersih tidak hanya sering terjadi di wilayah perkotaan, Dusun Maroangin, Desa Bulo-Bulo, Kecamatan Pujananting, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, menjadi lokasi perkampungan terdampak kekurangan air bersih.



Kesulitan air bersih, masyarakat Dusun Maroangin harus naik dan turun gunung demi mendapat air layak konsumsi dengan berjalan kaki sejauh 400 meter dari pemukiman.

“Masyarakat disini harus berjalan kaki naik dan turun gunung untuk mengambil air bersih, karena kondisinya yang terjal dan licin warga disini harus cukup berhati-hati saat berjalan”, Jelas warga kampung Maroangin.



Sekitar 114 Kepala Keluarga yang tinggal di perkampungan ini hanya mengandalkan satu sumber mata air di lereng bukit pegunungan untuk beraktivitas MCK, untuk sampai disana warga pun harus berjalan kaki.

Letak geografis perkampungan yang berada di pegunungan, perbukitan dengan jalan terjal harus dilalui warga hampir tiap harinya demi mendapatkan air layak dan bersih.



“Sebagian warga juga kadang menggunakan motor khusus untuk mengangkut air dengan jeriken, dan jika musim hujan datang jalanan pun menjadi licin dan tidak bisa diakses”, tambah warga.

Terbatasnya fasilitas dan pengetahuan seadanya, sejak bermukim di perkampungan tersebut warga belum pernah membuat sumur di dalam perkampungan sendiri dan hanya mengandalkan sumber mata air.

Mereka juga bahkan harus rela mengantri dan menunggu untuk bisa mendapatkan air bersih tersebut. Mata air ini digunakan untuk semua kebutuhan warga, mulai dari air minum, masak, mencuci dan bahkan mandi pun mereka lakukan di sekitar lokasi sumber mata air tersebut.



Tim Sokola Kaki Langit bersama Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap menggalang donasi bantu bangun Sumur Wakaf Keluarga masyarakat Dusun Maroangin. Ayo mudahkan saudara menghadapi krisis air bersih dan tak layak dengan menghadirkan sumur wakaf demi meraih kesejahteraan umat.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang