Hasil Laut Minim, Bantu Nelayan Pesisir Semarang Penuhi Kebutuhan Pangan

Nelayan pesisir Semarang masih terpukul hebat akibat pandemi. Meskipun keadaan makin kondusif, pasar masih sepi. Daya beli mereka menurun drastis. Yuk penuhi kebutuhan mereka lewat Operasi Pangan Murah

Simpan

Hasil Laut Minim, Bantu Nelayan Pesisir Semarang Penuhi Kebutuhan Pangan

Target

0 0

0%
0 85 hari tersisa

Hasil Laut Minim, Bantu Nelayan Pesisir Semarang Penuhi Kebutuhan Pangan

Update : 09 Nov, 2021


Kasus Covid-19 yang cenderung turun drastis belakangan ternyata tak serta merta menaikan perekonomian masyarakat yang selama hampir dua tahun terdampak pandemi. Usaha skala kecil belum kembali menemukan pasarnya dengan baik, usaha besar pun belum kembali pulih.




Masyarakat kecil banyak kehilangan pekerjaan. Sementara harga pangan dan kebutuhan pokok terus melonjak. Akibatnya, kemiskinan masih menjadi fenomena di mana-mana.

Salah satu yang paling terdampak pandemi adalah mereka warga kampung bahari Tambaklorok, Tanjung Mas, Semarang Utara. Kampung yang terletak di pesisir pantai utara Jawa tersebut mayoritas warganya bermata pencaharian sebagai nelayan.



Saat itu ketika PPKM berlangsung hampir seluruh nelayan sangat terdampak secara ekonomi. Tempat Pelelangan Ikan di tutup, pasar sepi, hasil laut yang tak seberapa tak laku dijual.

Sekarang pun keadaan tak jauh berbeda. Biaya membeli bahan bakar untuk perahu nelayan masih tinggi, sementara hasil laut tak pasti. Bahkan seringkali melaut seharian tidak mendapatkan ikan. Seperti halnya Sutriah (45), wanita asli Tambaklorok ini sehari-hari mencari nafkah menjadi kuli angkut ikan ke pasar. Jika pasar sudah sepi, ia berjualan jajanan dan warung sederhana di teras rumahnya.



Tambaklorok merupakan wilayah yang mayoritas penduduknya menengah kebawah secara ekonomi. Sedangkan secara demografis, kawasan pesisir cukup rawan terkena dampak gelombang pasang dan abrasi.

Kondisi pasca pandemi ini sungguh menurunkan daya beli masyarakat Tambaklorok. Apalagi, pasar belum sepenuhnya pulih.



Sahabat, melihat kondisi yang dialami oleh warga pesisir maka Aksi Cepat Tanggap Jawa Tengah mencoba menginisiasi program Operasi Pangan Murah.

Program yang didukung kedermawanan masyarakat ini tak hanya bertujuan membantu warga lewat bantuan pangan yang dibanderol setengah harga saja. Lebih jauh, manfaat juga dirasakan oleh pelaku UMKM yang menjual bahan pangan. Mereka, ACT gandeng untuk mengadakan bahan pangan berkualitas untuk Operasi Pangan Murah.

Hadirnya Operasi Pangan Murah akan memberi manfaat dari dua sisi sekaligus. Pedagang kecil hingga UMKM seperti Bu Sutriah nanti dagangannya akan dibeli oleh ACT dengan harga normal. Kemudian berbagai barang tersebut akan dibagikan ke masyarakat di sana dengan potongan harga 50% atau setengah dari harga yang berlaku di pasaran.



Untuk itu, yuk luaskan manfaat Operasi Pangan Murah bersama ACT Jawa Tengah lewat sedekah kita di laman aksi ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang