Kekeringan Semakin Meluas, Hadirkan WaterTruck untuk Pelosok Bantul

Sumber air yang terletak jauh dari desa membuat warga di Dusun Dermojurang Bantul kesulitan mendapat air. Jalanan menuju bukit cukup terjal dan sering sekali terjatuh karena licin. Mari hadirkan WaterTruck untuk mereka!

Simpan

Kekeringan Semakin Meluas, Hadirkan WaterTruck untuk Pelosok Bantul

Target

0 0

0%
0 88 hari tersisa

Kekeringan Semakin Meluas, Hadirkan WaterTruck untuk Pelosok Bantul

Update : 19 Nov, 2021


“Barang siapa meringankan penderitaan seseorang, Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim)

Sahabat, air bersih merupakan salah satu nikmat Allah yang besar. Apalagi jika sumber airnya mudah didapatkan dan akses yang tidak jauh dari tempat tinggal. Namun, apa jadinya jika untuk mandi kita harus menampung air dari pegunungan setiap harinya? Atau harus membeli air setiap hari? Hal ini dirasakan oleh saudara kita di pelosok Kabupaten Bantul.



Dermojurang merupakan sebuah dusun yang berada di Kelurahan Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. Dusun ini berada di bawah bukit dengan warga kurang lebih 187 KK. Sumber air bersih untuk warga terletak jauh dari desa. Mereka harus menaiki bukit sejauh 750 m dengan kondisi jalanan yang curam. Bahkan ada beberapa warga yang sering terjatuh karena kondisi yang licin.

Walaupun ada selang air dari atas, tapi karena zat kapur yang terlalu tinggi menyebabkan selangnya tersumbat. Selain mengandalkan air perbukitan, ada alternative lain yaitu dengan dropping air bersih, tentu harganya tidaklah mudah jika harus setiap hari.



Kekeringan di Bantul terus meluas. Setelah Padukuhan Dermojurang, Kalurahan Seloharjo, Kapanewon Pundong, kini sejumlah wilayah seperti Padukuhan Banyakan 2, Sitimulyo, Kapanewon Piyungan, dan Kalurahan Terong, Kapanewon Dlingo mengalami kekeringan. Alhasil, baik Banyakan 2 maupun Kalurahan Terong mulai mendapatkan droping air dari PMI Bantul.

Untuk Dusun Dermojurang, biasanya mobil water tank dropping air bersih sebanyak 4 kali dalam 1 minggu. Carik Sitimulyo Amirudin Safa mengatakan droping air telah dilakukan untuk 60 kepala keluarga di Kedung Walikukun, Padukuhan Banyakan 2. Saat itu ada dua tangki mobil berkapasitas 5.000 liter per tangki mulai menyalurkan air bersih untuk warga di Kedung Walikukun.



“Biasanya warga di sana memang selama 4 bulan musim kemarau membeli air. Setiap rumah biasanya membeli 2 tangki air untuk kebutuhan air bersih dan ternak mereka,” jelasnya.

InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Bantul akan memberikan bantuan dengan mendatangkan Armada Kemanusiaan Humanity WaterTruck untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pelosok Bantul yang mengalami kekeringan.

Sahabat, Bismillah, dengan semangat kemanusiaan, mari kita salurkan air bersih untuk membantu saudara sebangsa yang membutuhkan, untuk membantu saudara kita yang tengah dilanda kekeringan dan krisis air bersih melalui program Humanity Water Truck.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang