Darurat! Tanggul Irigasi Jebol, Bantu Berikan Modal Usaha untuk Petani di Pati

Tanggul irigasi jebol sehingga tumpahan air bah turut menghanyutkan tanaman pertanian para petani. Hal ini mempengaruhi kelangsungan hidup mereka, jika hasil taninya hanyut dibawa air bah. Ayo berikan modal usaha untuk mereka

Simpan

Darurat! Tanggul Irigasi Jebol, Bantu Berikan Modal Usaha untuk Petani di Pati

Target

0 0

0%
0 83 hari tersisa

Darurat! Tanggul Irigasi Jebol, Bantu Berikan Modal Usaha untuk Petani di Pati

Update : 16 Nov, 2021


Terjadi Tanggul jebol di Desa Sunggingwarno dan Desa Soko Kecamatan Gabus Kabupaten Pati. Tanggul jebol dikarenakan curah hujan yang tinggi. Sehingga mengakibatkan tanggul aliran sungai Gono jebol dan merendam seluas 4 Ha persawahan warga masyarakat Desa Sunggingwarno dan Desa Soko pada hari Minggu, (14/11/2021).

Upaya yang telah dilakukan pihak-pihak terkait dan hasil rapat koordinasi antara Pemerintah Desa Sunggingwarno, Desa Soko bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk perbaikan tanggul belum bisa dilakukan karena arus air masih deras.



Diperkirakan kerugian yang dialami warga sekitar 15 juta rupiah karena tanaman padi berumur 3 minggu seluas 4 Ha terendam air. Hal ini dibernarkan oleh Danramil 19/Gabus Mayor Inf Urip Widodo saat dihubungi melalui whatsApp.

Menurut laporan Babinsa yang langsung terjun ke lapangan dan berkoordinasi dengan pemerintah dua desa, masih belum bisa dilaksanakan perbaikan tanggul karena arus masih deras. Danramil juga menambahkan bahwa perbaikan tanggul akan dilakukan setelah air mulai surut dan arus sungai tidak terlalu deras.



Selain kerugian hasil pertanian, kerugian untuk kelangsungan hidup para petani pun juga ikut terancam. Alhasil, modal usaha para petani juga bisa dikatakan ikut raib. Banyak dari mereka yang menggantungkan pendapatan dari hasil pertanian tersebut.

Kondisi saat ini para petani mengalami kerugian dari dampak jebolnya tanggul air di desa mereka. Kebutuhan yang harus dipenuhi yaitu pembiayaan dana santunan atau dana usaha tambahan bagi petani seperti pupuk, bibit, serta kebutuhan pertanian lainnya yang mengalami kerugian akibat dari jebolnya tanggul.

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu.” (QS. Al Baqarah: 267).



Insyaallah tim Aksi Cepat Tanggap Pati akan mengadakan modal usaha atau dana usaha kepada para petani yang terdampak oleh jebolnya tanggul. Sehingga dari dana tersebut akan dialokasikan biaya modal usaha pertanian seperti pupuk, bibit serta penunjang-penunjang pertanian lainnya.

Sahabat, di kala musim hujan seperti ini banyak sekali musibah yang menguji para hamba Allah. Salah satunya jebolnya tanggul di Gabus, Pati. Bukan hanya hasil pertanian yang raib, namun pendapatan para petani pun juga ikut raib. Yuk sahabat, bantu para petani kita dengan sedekah terbaikmu!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Sedekah Sekarang