Harga Bawang Merah Anjlok, Ayo Borong Panen Petani Probolinggo

Harga bawang merah turun drastis, para petani dan buruh di Probolinggo mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Berikan modal dan bantu penuhi kebutuhan pangan mereka dengan sedekah terbaikmu!

Simpan

Harga Bawang Merah Anjlok, Ayo Borong Panen Petani Probolinggo

Target

0 0

0%
0 83 hari tersisa

Harga Bawang Merah Anjlok, Ayo Borong Panen Petani Probolinggo

Update : 16 Nov, 2021


"Sedih mas rasanya, biaya tanam bawang merah jauh lebih tinggi daripada harga jual waktu panen. Saya juga nggak bisa bayar buruh harian, mereka jadinya nggak bisa makan dan bayar sekolah anak," ungkap Bu Srijatun, petani kebun bawang merah.

Berbulan-bulan merawat tanaman bawang merah terasa sia-sia bagi petani Probolinggo. Pasalnya harga jual bawang merah kini hanya berkisar Rp 4.000-5.000,- sementara harga normalnya Rp18.000-20.000,- per kilogram.



Kondisi ini bagai "buah simalakama" bagi para petani, sebab jika mereka memaksa untuk panen hasilnya tidak bisa menutup biaya operasional. Namun apabila tidak dipanen, mereka akan semakin merugi karena tanaman bisa dirusak oleh hama tikus.

Anjloknya harga bawang merah tak hanya berdampak pada pemilik lahan, namun juga buruh harian yang bekerja di lahan bawang merah. Mayoritas dari mereka adalah perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga dan tengah berupaya memenuhi kebutuhan ekonomi dan pendidikan anaknya.



"Saya hanya berharap anak saya bisa sekolah aja mas, biar hidupnya tidak seperti saya. Tapi kalau harga sedang anjlok seperti ini, tentu saya kesulitan mencari tambahan rejeki. Jangankan untuk membiayai sekolah anak, untuk makan aja rasanya ingin menangis mas," cerita Ibu Fadila, buruh harian bawang merah.

Melihat kondisi yang tengah dialami oleh para petani dan buruh bawang merah Probolinggo, InsyaAllah tim ACT Pasuruan berikhtiar untuk memberi modal usaha dan paket pangan, agar petani tidak lagi terjerat hutang riba.

Nantinya kami akan memborong hasil kebun bawang merah ini, diharapkan dari hasil yang terkumpul bisa membantu Ibu Fadila dan para buruh lainnya, agar tidak lagi kesulitan memenuhi kebutuhan hidup dan sekolah anaknya.



"Barangsiapa yang bersikap ramah kepada orang lain dan meringankan beban hidupnya baik sedikit maupun banyak, maka kewajiban bagi Allah untuk memberikan kepadanya pelayanan dengan pelayanan surga." (HR. Thabrani).

Sahabat Dermawan, mari ringankan ujian yang tengah dihadapi para petani dan buruh bawang merah Probolinggo dengan sedekah terbaikmu!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang