Wudhu dan Mandi di Sungai, Bantu Bangunkan MCK untuk Ponpes Al Istidadul Akhiroh

Tidak memiliki MCK, selama ini santri yang belajar di sana harus berwudhu dan mandi di sungai. Ayo patungan bangun MCK layak dan nyaman untuk santri Ponpes Al Istidadul Akhiroh.

Simpan

Wudhu dan Mandi di Sungai, Bantu Bangunkan MCK untuk Ponpes Al Istidadul Akhiroh

Target

0 0

0%
0 88 hari tersisa

Wudhu dan Mandi di Sungai, Bantu Bangunkan MCK untuk Ponpes Al Istidadul Akhiroh

Update : 18 Nov, 2021


Terletak di pelosok Kabupaten Jember, Pondok Pesantren Al Istidadul Akhiroh merupakan satu – satunya pondok yang ada di Desa Baban, Kecamatan Silo. Ponpes ini menjadi tempat belajar bagi anak – anak di Desa Baban.

Ponpes yang sudah berusia 40 tahun ini memiliki santri sebanyak 250 orang, yang terbagi dalam jenjang Pendidikan PAUD, TK, SMP, dan Madrasah Diniyah Wusto. Semua jenjang Pendidikan tersebut dilakukan menggunakan 5 ruangan yang digunakan secara bergantian. Anak – anak yang belajar di pondok ini, kebanyakan berasal dari dusun–dusun setempat.



Santri yang belajar di Ponpes Al Istidadul Akhiroh tidak dipungut biaya sama sekali, lantaran mayoritas masyarakat setempat bekerja sebagai petani atau penggarap kebun milik perusahaan. Kondisi ini membuat ponpes tidak dapat merenovasi bangunan dan membuat tempat MCK layak untuk para santri.

Dibangun menggunakan uang pensiunan para pendiri pondok, nominalnya pun tidak besar sehingga tak dapat memenuhi kebutuhan bangunan ponpes. Jangankan untuk pembangunan, menyediakan makan bagi santri yang mukim di pondok saja tidak bisa.



Aktivitas santri untuk mandi, cuci, wudhu dan buang air besar/kecil semuanya dilakukan di sungai. Kondisi tersebut dilakukan karena ponpes ini tidak memiliki MCK. Kamar mandi untuk santri sempat dibuat, namun hanya dapat digunakan untuk menampung air saat musim kemarau dan buang air kecil saja.

Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, “Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah ia meninggal dunia (salah satunya) orang yang menggali sumur.” (HR. Bazzar)



InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Jember ingin mengajak Sahabat Dermawan untuk bersama–sama bantu wujudkan mimpi santri Ponpes Al Istidadul Akhiroh untuk memiliki MCK. Jika memungkinkan, nantinya akan kamu buatkan juga tempat belajar yang memadai. Harapannya dengan adanya program ini, maka akan hadir MCK layak untuk santri agar mereka tidak wudhu dan mandi di sungai lagi.

Sahabat, mari ringankan kesulitan mereka dengan hadirkan MCK layak untuk santri Ponpes Istidadul Akhiroh. Ayo tunaikan sedekah terkuatmu melalui laman aksi ini.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang