Dilanda Kekeringan, Bangun Sumur Wakaf bagi Warga Desa Botolinggo

Hidup dengan air yang tak layak pakai menjadi hal yang biasa bagi Warga di Desa Botolinggo. Mari hadirkan air layak minum dengan membangun sumur wakaf bagi mereka!

Simpan

Dilanda Kekeringan, Bangun Sumur Wakaf bagi Warga Desa Botolinggo

Target

0 0

0%
0 81 hari tersisa

Dilanda Kekeringan, Bangun Sumur Wakaf bagi Warga Desa Botolinggo

Update : 18 Nov, 2021


Sahabat, pernah dengar wilayah Tapal Kuda? Wilayah ini meliputi Probolinggo, Lumajang, Situbondo, Bondowoso, Jember dan Banyuwangi. Di daerah ini krisis air sudah biasa terjadi, seperti yang kerap dialami oleh warga Desa Botolinggo, Kecamatan Botolinggo Kabupaten Bondowoso Jawa Timur.

Bagaimana tidak musim kemarau berkepanjangan selalu terjadi di desa ini, bahkan bisa mencapai 7 hingga 9 bulan dalam satu tahun.



Warga pun tidak bisa berbuat banyak. Tercatat sebanyak 16 dusun di Desa Botolinggo yang mengalami krisis air, tetapi ada empat dusun yang mengalami krisis paling parah, yaitu Dusun Cemper, Kedawung Timur, Kedawung Barat dan Kedawung Tengah.

Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan air, warga mengambil dari kolam penampungan air hujan dan bantuan air pemerintah. Ketika bantuan air bersih datang, setiap KK hanya boleh mengambil sebanyak 3 jerigen air memenuhi kebutuhan memasak, minum dan kebutuhan harian lainnya. Dalam satu dusun setidaknya terdapat 48 KK yang membutuhkan air.



Selain dua sumber air di atas, warga biasanya juga mengambil air dari sumber yang berjarak 3-4 km dari rumah mereka. Tak hanya jauh, medan yang harus ditempuh pun berupa tanah dan bebatuan yang terjal.

Kondisi tanah yang terjal membuat pembangunan sumur memerlukan biaya yang tak sedikit. Hal inilah yang membuat warga belum membangun sumur di dusunnya.

"Sedekah apa yang paling engkau sukai." Jawab beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Sedekah air." (HR. Abu Daud).



Inysa Allah, tim ACT Jember akan membantu menghadirkan sumur, tempat penampung air dan pipanisasi untuk mengalirkan air bersih ke pemukiman warga. Diharapkan dengan program ini, warga tidak lagi kesulitan jika musim kemarau tiba.

Sahabat, mari akhiri krisis air yang dirasakan oleh warga Dusun Botolinggo dan sekitarnya dengan patungan untuk membangun sumur dan pipanisasi air bersih bagi mereka.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang