Alami Kekeringan Panjang, Patungan Sumur untuk Desa Gebang

Topografi di Indonesia yang tidak menentu membuat beberapa wilayah alami kekeringan panjang, salah satunya Desa Gebang. Warga menampung air hujan untuk ketersediaan air setiap harinya. Yuk patungan sumur untuk Desa Gebang!

Simpan

Alami Kekeringan Panjang, Patungan Sumur untuk Desa Gebang

Target

0 0

0%
0 24 hari tersisa

Alami Kekeringan Panjang, Patungan Sumur untuk Desa Gebang

Update : 19 Nov, 2021


Air merupakan salah satu kebutuhan penting bagi kehidupan, tanpa air makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup. Beberapa daerah di Indonesia, memiliki cuaca iklim yang rentan air hujan. Salah satunya daerah Gebang, Sragen. Di desa ini, sangat sulit ditemukan air bersih. Kondisi tanah yang tandus membuat sumur mengeluarkan sedikit ketersediaan air bersih.



Jika menemukan lahan yang berpontensi sebagai sumber air, diperlukan biaya besar untuk membuat sumur bor yang dapat mengalirkan air di musim kemarau. Bagi warga Desa Gebang yang mayoritas berprofesi sebagai petani di lahan perhutani, tentu bukan hal yang mudah dan membutuhkan biaya yang sangat besar sehingga warga lebih memilih tidak membuat sumur bor.



Sumur yang berada di rumah warga saat ini hanya mampu menampung air disaat musim hujan. Di musim kemarau, sumur kering dan tidak mengeluarkan air. Warga yang tidak memiliki sumur, menampung air hujan melalui saluran genteng yang dikumpulkan ke dalam tangki. Air ini akan mereka gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.



Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, saat ini warga mendapatkan sedikit air bersih dari bantuan umum. Solusi untuk memenuhi kebutuhan air untuk warga dengan membangun sumur bor supaya tak mengalami krisis air bersih lagi.

“Wahai Sahabatku, siapa saja di antara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta'ala.” (HR. Muslim)



Melihat kondisi ini, InsyaAllah tim ACT-MRI Sragen berikhtiar untuk membantu menghadiahkan sumur bagi warga Desa Gebang. Sahabat Dermawan, yuk patungan sumur wakaf untuk saudara kita di Desa Gebang dengan sedekah terbaikmu melalui halaman ini.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang