Tak Ada Air untuk Berwudhu, Bantu Air Bersih untuk Masjid  Al-Fattah Gunungkidul

Setiap tahun dilanda kekeringan dan kesulitan air bersih. Ayo, bantu saudara di Gunungkidul dapatkan akses air bersih!

Simpan

Tak Ada Air untuk Berwudhu, Bantu Air Bersih untuk Masjid Al-Fattah Gunungkidul

Target

0 0

0%
0 Tidak ada waktu lagi

Tak Ada Air untuk Berwudhu, Bantu Air Bersih untuk Masjid Al-Fattah Gunungkidul

Update : 19 Nov, 2021


Gunungkidul merupakan Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta yang setiap tahunnya dilanda musibah kekeringan atau kesulitan dalam mendapatkan air bersih. Setidaknya terdapat 12 Kecamatan di Gunungkidul yang tengah mengalami kekeringan. Untuk itu tim ACT DIY berupaya untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setiap harinya.

31d0ecc04e0bae33a7f0e1720bfcfb28.jpg

Kondisi kekeringan juga dialami di Padukuhan Pundung, Girikarto, Panggang. Salah satu daerah yang terdampak kekeringan ketika memasuki musim kemarau. Di sana belum ada sumber air yang dapat mencukupi kebutuhan air bersih warganya ketika kemarau tiba. Bahkan Masjid Al Fattah yang digunakan oleh warga untuk beribadah seringkali kehabisan air bersih, akibatnya warga harus berwudhu dari rumah.

d7e0d2a32caf37b564f881711e6cb89c.jpg

Saat musim penghujan, warga memanfaatkan air hujan yang ditampung di Penampungan Air Hujan (PAH) yang dimiliki warga/desa untuk konsumsi harian, sedangkan ketika musim kemarau tiba warga harus membeli air bersih dari truk tangki dengan harga 150 ribu - 250 ribu per tangkinya karena air PDAM hanya mengalir 2 kali dalam sebulan. Sedangkan untuk 1 tangki air hanya bisa digunakan dalam waktu 2-3 pekan per keluarga dengan penggunaan yang hemat.

Saad bin Ubadah bertanya, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air (sedekah air).” (HR. Abu Daud)

c120f864b3eb9489e83241679a5f75aa.jpg

Tak mau tinggal diam, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY pun Insya Allah akan berupaya untuk memenuhi kebutuhan air bersih dengan armada truk tangki. Air bersih ini nantinya akan didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di masjid, sekolah, hingga masyarakat umum.

Jangka panjangnya, tim ACT akan berikhtiar untuk membangunkan sumur wakaf untuk masjid Al Fattah yang bisa digunakan untuk jamaah dan warga sekitar. Insya Allah ini akan menjadi sumber air bersih untuk saudara kita disana.

Sahabat, maukan kamu alirkan kebaikan untuk jamaah Masjid Al Fattah?

Insya Allah Setiap tetes air yang kita berikan, pahala kebaikanmu juga terus mengalir untuk meredakan kesulitan mereka. Yuk berikan bantuan air bersih dan bangun sumur wakaf di Panggang, Gunungkidul!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan