Krisis Gizi Mengancam, Bantu Sehatkan Anak-anak Stunting di Jombang!

9600 balita mengalami stunting, jumlah ini menigkat selama masa pandemi. Latar belakang ekonomi yang rendah dan kurangnya edukasi stunting menyebabkan dampak dari stunting ini parah, akibatnya tumbuh kembang anak terhambat dan tidak sesuai usianya.

Simpan

Krisis Gizi Mengancam, Bantu Sehatkan Anak-anak Stunting di Jombang!

Target

0 0

0%
0 72 hari tersisa

Krisis Gizi Mengancam, Bantu Sehatkan Anak-anak Stunting di Jombang!

Update : 23 Nov, 2021


Krisis Gizi Mengancam, Bantu Sehatkan Anak-anak Stunting di Jombang!


Sahabat kita kenalan dengan adik lucu nan menggemaskan ini yuk!
Raisa Putri namanya, balita bermur 7 bulan asal kesamben.



Balita ini terlihat cantik dan fisiknya lengkap tanpa cacat, namun ada permasalahan dari sisi tumbuh kembangnya yang tidak normal sehingga mengakibatkan berat badan dan tinggi badannya kurang. Dari diagnosa medis, Raisa ini mengalami stunting disebabkan rendahnya asupan gizi yang diperoleh. Kondisi ini dipengaruhi banyak faktor. Dari sisi keluarga dia lahir dikeluarga yang dikategorikan miskin. Ibunya bekerja sebagai Asisten rumah tangga dan harus menghidupi 5 orang keluarganya. Sehari- hari Dik Raisa dan Bu Laila hidup di rumah berdinding bambu dengan ukuran 3 X 3,5 m ini. Usia ibunya juga masih sangat muda. Bu Laila menikah di usia yang masih sangat muda dimana seharusnya masih duduk dibangku sekolah. Sehingga edukasi pra nikah dan semasa kehamilan tidak didapatkan sebagaimana mestinya. Akibatnya saat anaknya mendapat diagnosa stunting ia tidak memahami dengan benar sebab dan akibatnya. Bu Lila beranggapan bahwa tumbuh kembang anaknya dalam batas kewajaran.



Di Kecamatan Jogoroto, Titis Angelita Putri terlambat berbicara sedangkan usianya sudah 2 tahun. Ada pula Tiara balita 3 tahun mengalami stunting dan downsyndrome. Hal ini menunjukkan bahwa banyak balita stunting di Kabupaten Jombang belum tertangani. Kondisi ini akan berdampak pada tumbuh kembang anak. Stunting akan berdampak pada perkembangan otak, metabolisme, dan imun tubuh.



Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang tercatat 9618 anak mengalami stunting, jumlah ini tersebar rata di seluruh kecamatan. Kondisi ini diperparah dengan semakin tingginya angka kemiskinan selama pandemi. Stunting adalah kondisi di mana tinggi dan berat badan anak di bawah standar perkembangan anak diusianya. Stunting bisa terjadi karena beberapa hal salah satunya kurangnya gizi dan makanan yang sehat, kurangnya perhatian orang tua terhadap kesehatan anaknya dan kondisi ekonomi yang rendah yang menyebabkan kurang tercukupinya makanan yang bergizi. Tumbuh kembang anak sejak dini berpengaruh terhadap masa depannya. Jika kondisi stunting tidak ditangani sejak dini maka akan berpengaruh terhadap perkembangan otak dan imun tubuh, tentunya ini berpengaruh terhadapa generasi masa depan penerus bangsa. 25 hingga 30 tahun kedepan para balita inilah yang akan menjadi penerusnya.

Menanggapi hal itu Tim ACT- MRI Jombang berencana meluncurkan program bantuan pangan peduli stunting. Pangan yang bergizi dan sesuai dengan kebutuhan para balita stunting. Selain itu secara berkala akan melakukan pendampingan dan edukasi pada orang tua sehingga mengecilkan bahaya kasus stunting terulang kembali.



Dari Abu Hurairah dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membantu seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah akan menolongnya dalam kesusahan pada hari kiamat, dan barangsiapa yang meringankan (beban) seorang muslim yang sedang kesulitan maka Allah akan meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat”. (HR Muslim no. 2699)

Sahabat, mari bersama kita wujudkan generasi penerus bangsa yang baik. Cegah bahaya stunting dengan berikan bantuan pangan penuh gizi dan nutrisi. Juga pendampingan edukasi untuk orang tua para balita stunting.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang