Belasan Tahun Ibadah Tak Nyaman, Dirikan Masjid untuk Mualaf Pedalaman Maluku

Belasan tahun, masyarakat hidup tanpa adanya masjid sehingga mereka harus sholat dengan menumpang di rumah salah satu warga. Mari bangun kembali Masjid Mualaf Pedalaman Maluku!

Simpan

Belasan Tahun Ibadah Tak Nyaman, Dirikan Masjid untuk Mualaf Pedalaman Maluku

Target

0 0

0%
0 22 hari tersisa

Belasan Tahun Ibadah Tak Nyaman, Dirikan Masjid untuk Mualaf Pedalaman Maluku

Update : 22 Nov, 2021


Masjid sarana sangat penting bagi para muslimin sebagai tempat ibadah, sarana berkumpul dan menjalankan aktivitas keagamaan.

Namun bagaimana jadinya jika tidak ada bangunan masjid untuk beribadah, sehingga semua fungsinya mereka harus menumpang di rumah salah satu warga

Masjid Al-Amin berada di pedalaman Dusun Teratai Kecamatan Kaiely Kabupaten Buru Provinsi Maluku, letaknya di antara dua perkampungan Dusun Waeveva dan juga Dusun Kaiely, Masjid Al-Amin merupakan satu-satunya Masjid yang ada di kampung mualaf Dusun Teratai. Dibangun sejak tahun 2003 oleh swadaya para masyarakat mualaf sekitar. dan semakin lama kondisi bangunan roboh sekarang warga tidak memiliki masjid.



Masjid Al-Amin memegang peranan penting dalam kehidupan rohaniah warga Dusun teratai. Selain menyelenggarakan shalat 5 waktu, pihak pengurus masjid juga rutin mengadakan TPQ untuk para mualaf, anak-anak dan orang tua. Dusun teratai termasuk dalam daerah pedesaan yang sulit untuk di jangka. Untuk ke lokasi Kurang lebih menempuh perjalanan berilo-kilo meter yang ditempuh dari Desa Kaiely dengan melewati Hutan dan juga sungai.



Ketika bulan Ramadhan tiba, masyarakat dusun teratai harus berjalan kaki dengan jarak 4 kilo untuk melaksanakan sholat. Mereka harus melewati hutan yang gelap dan juga harus menyeberang sungai yang terkadang banjir. Jarak tersebut menyulitkan para mualaf terutama untuk lansia dan anak-anak.



Fasilitas masjid juga sangat terbatas seperti karpet, sajadah, mukena Dll, kondisi masjid sangat kurang baik, tidak ada MCK , Toilet, Hingga tempat air wudhu. jamaah harus berwudhu dari rumah.

Sudah berkali-kali masyarakat meminta kepada pemerintah untuk membangunkan sebuah masjid namun hasilnya belum dipenuhi.



“Kami membutuhkan Masjid sebagai tempat menyelenggarakan shalat 5 waktu dan pengajian, Kami rindu suara adzan dan kami butuh pendampingan tentang islam, sudah belasan tahun kampung kami tidak terdengar suara Adzan lagi,” ucap Pak Kadir Flores selaku ketua RT.

Dari Utsman bin Affan RA beliau berkata: Aku mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, "Barangsiapa yang membangun masjid ikhlas karena Allah, maka Allah akan membangunkan baginya yang serupa dengannya di surga." (HR. Muslim dalam Kitab al-Masajid wa Mawadhi’ as-Shalah)

Melihat kondisi ini, InsyaAllah Tim Aksi Cepat Tanggap Maluku akan berikhtiar untuk membantu para mualaf di pedalam maluku untuk melakukan pembangunan Masjid Al-Amin. Sahabat, mari patungan amal jariyah bangun kembali Masjid Al-Amin!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang