Krisis Air Bersih, Mari Bangun Sumur untuk Puluhan Pesantren di Pelosok Riau

Banyak pondok pesantren di Riau yang tidak mendapatkan air bersih. Hal ini menimbulkan penyakit kulit bagi para santri di sana. Mari bangun kamar mandi dan sumur wakaf yang layak untuk puluhan pesantren di pelosok Riau!

Simpan

Krisis Air Bersih, Mari Bangun Sumur untuk Puluhan Pesantren di Pelosok Riau

Target

0 0

0%
0 85 hari tersisa

Krisis Air Bersih, Mari Bangun Sumur untuk Puluhan Pesantren di Pelosok Riau

Update : 22 Nov, 2021


Sahabat, pernah kebayang tidak, di tengah hidup yang serba cukup, untuk menikmati air bersih kamu harus mandi di tempat terbuka dengan air yang berwarna kecoklatan?

Ada sebuah kisah dari para santri dan warga Pondok Pesantren Miftahul Mu’arrif yang tidak memiliki peralatan sanitasi. Air yang dikeluarkan dari MCK pun terkadang tidak jalan dan membuat santri kesulitan beraktivitas.



Tak hanya itu di Pondok Pesantren Darussalam, Rokan Hulu setiap hari para santri harus mandi di tempat yang terbuka serta MCK seadanya dari air hujan yang ditampung dengan sumur. Kamar mandi ini hanyalah tempat buang air seadanya yang didirikan di sebelah pesantren, karena pesantren ini masih belum mempunyai kamar mandi layak dan air bersih untuk berwudhu dan mandi.

Tak sedikit santri yang harus menderita penyakit kulit seperti gatal-gatal karena menggunakan air tersebut. Kadang air hujan yang telah tertampung di dalam sumur tidak banyak, hal ini membuat para santri hanya mandi sekali sehari itu pun harus menghemat air.



Kondisi ini dirasakan setiap hari oleh kurang lebih 100 orang santri yang bermukim di sana. Meski begitu, mereka tetap semangat belajar dan mencari ilmu demi masa depan yang lebih baik.

Keterbatasan biayalah yang membuat pesantren di daerah pelosok riau kesulitan untuk bisa membangun MCK layak dan mendapatkan akses air bersih untuk para santri. Dengan biaya Pendidikan yang tidak mahal, bisa memenuhi kebutuhan harian saja mereka sudah bersyukur.

Saad bin Ubadah bertanya kepada Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, memberi air.” (H.R Abu Daud)



Mengingat semangat para santri dalam menuntut ilmu agama di tengah keterbatasan. InsyaAllah tim ACT Riau tergerak untuk mendirikan sumur dan tempat wudhu yang layak untuk mereka.

Yuk, bantu bangun kamar mandi dan sumur wakaf yang layak untuk puluhan pesantren di pelosok Riau, agar santri-santri di sana bisa dengan mudah mendapatkan akses air bersih. Jadikan kesempatan ini untuk menabung pahala jariyah yang terus mengalir hingga yaumil akhir kelak.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang