Akses Terputus, Bantu Puluhan Warga Ponorogo Penyintas Longsor

Bencana Tanah Longsor terjadi di Dukuh Tugunongko Desa Tugurejo, Ponorogo, menyebabkan 3 akses jalan terputus dan beberapa rumah warga rusak. Mari segera kirimkan bantuan terbaikmu!

Simpan

Akses Terputus, Bantu Puluhan Warga Ponorogo Penyintas Longsor

Target

0 0

0%
0 88 hari tersisa

Akses Terputus, Bantu Puluhan Warga Ponorogo Penyintas Longsor

Update : 22 Nov, 2021


"Suara gemuruh itu terdengar sekitar pukul 11 malam. Setelahnya bunyi kentongan yang menandakan bahaya. Seketika itu juga saya berlari sambil menggendong mbah saya yang berumur 90 tahun," tutur Ibu Sarmini, salah satu warga terdampak longsor.

Tak pernah warga Desa Tugurejo sangka, kalau tidur nyenyak mereka malam itu, harus dibangunkan oleh suara gemuruh tanah yang longsor. Peristiwa yang terjadi Jumat lalu (19/11), pada pukul 11.00 malam ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit.



Longsornya tanah yang membawa marerial lumpur dan bebatuan, dipicu karena hujan deras yang terjadi sejak pukul 18.20 WIB. Kencangnya suara gemuruh tanah membuat warga langsung berbondong-bondong mengamankan diri dengan perlengkapan seadanya.

Bencana longsor rupanya tak hanya terjadi satu kali, tetapi beberapa kali longsor susulan yang memutus 3 akses jalan desa dan merusak rumah warga. Material longsor berupa lumpur dan bebatuan dari tebing meluncur hingga 500 meter ke bawah dan mengancam permukiman warga.



Tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini, tetapi puluhan warga harus mengungsi. Saat jumlah warga yang mengungsi sebanyak 10 KK atau 31 jiwa. Di antara mereka terdapat 1 ibu hamil, 2 lansia penderita stroke dan balita berusia 3 tahun.

Tim ACT-MRI Ponorogo sebelumnya telah melakukan asessment dan distribusi bantuan logistik berupa sembako dan peralatan mandi. Namun kendala saat ini adalah akses jalan ke lokasi yang sulit dijangkau. Saat ini, sawah, ladang perkebunan, hingga kandang ternak mereka pun tertutup oleh material tanah longsor.

"Barang siapa meringankan penderitaan seseorang, Allah akan meringankan penderitaannya di dunia dan akhirat..." (HR. Muslim).



InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Ponorogo segera membantu mengirimkan bantuan terbaik untuk penyintas longsor Ponorogo. Bantuan tersebut diantaranya pangan, medis, sanitasi hingga masa recovery dan rekonstruksi yakni pembangunan kembali bangunan terdampak bencana serta modal usaha petani dan peternak.

Sahabat, mari ringankan duka saudara terdampak bencana dengan sedekah terbaik kita. Bantuan melalui donasi tertulusmu amat dinantikan di masa-masa darurat ini.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang