Manfaatkan Air Sungai, Bantu Hadirkan Sumur Wakaf Untuk Warga Desa Citatah

Masyarakat Desa Citatah mengalami kelangkaan air bersih selma bertahun-tahun karena kontur tanah yang tidak memadai. Sahabat, yuk bantu Sumur Wakaf untuk saudara di desa ini agar tak lagi jauh mengambil air!

Simpan

Manfaatkan Air Sungai, Bantu Hadirkan Sumur Wakaf Untuk Warga Desa Citatah

Target

0 0

0%
0 22 hari tersisa

Manfaatkan Air Sungai, Bantu Hadirkan Sumur Wakaf Untuk Warga Desa Citatah

Update : 23 Nov, 2021


Desa Citatah merupakan salah satu desa di Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Berada di lingkungan industri justru tak membuat warga sekitar memiliki sumber air yang layak. Desa Citatah khususnya berada di wilayah karst, dan masuk ke zona merah akibat kelangkaan sumber air bersih.

18ea163cfb803319d25d4523c878d7b3.jpg

Desa Citatah RT 1 RW 11 merupakan kampung pengungsian warga yang terdampak bencana pergeseran tanah yang terjadi pada tahun 2016 . Saat ini mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai buruh dan petani yang memiliki pendapatan rata-rata dibawah 1,5 juta. Jangankan untuk membagun sebuah sumur, untuk kebutuhan sehari hari saja masih terasa sulit. Dengan kondisi tersebut tentu banyak warga yang tidak memiliki sumber air bersih bahkan MCK di rumahnya, sehingga untuk mendapatkan air dan BAB warga harus berjalan 1 kilometer ke sungai dengan kontur tanah jalan setapak, menurun dan licin.

e8ffafe4c97c920481a23b06c0c86767.jpg

Sehari-hari warga sekitar harus bergantian untuk mendapatkan air, termasuk juga anak-anak ketika ingin melaksanakan sholat dan mengaji di mushola, harus membawa air terlebih dahulu untuk wudhu. Fasilitas MCK umum dan tempat berwudhupun sangat tidak memadai. Oleh karena itu, warga sangat membutuhkan sumber air bersih yang dekat dengan permukiman, agar tidak harus berjalan jauh, serta memiliki MCK yang layak yang dapat digunakan oleh masyarakat umum.

Dalam suatu hadits disebutkan, Saad bin Ubadah RA bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air.” (HR. Abu Daud). Rasulullah amat menganjurkan sedekah air karena peranan penting dari air. Adanya air InsyaAllah akan adanya kehidupan dan sebaliknya.

1d22e79a9e33409c910e220ca1040120.jpg

Insya Allah, tim Aksi Cepat Tanggap Bandung Barat akan berikhtiar untuk menghadirkan sumur wakaf bagi masyarakat Desa Citatah, sehingga masyarakat memiliki sumber air baru dan tidak harus berjalan jauh menuju sungai untuk mendapatkan sumber air bersih

Rencananya pengeboran sumur wakaf akan dilaksanakan ditanah yang sudah diwakafkan oleh pemiliknya untuk kebutuhan masyarakat umum. Pembangunan sumur bor kurang lebih sedalam 70 meter diharapkan menjadi sumber air baru bagi warga sekitar. Sebab jika kedalaman kurang dari 60 meter, kondisi sumur akan kembali kering saat musim kemarau. Yuk Sahabat Dermawan, kita cari keridhoan Allah dengan bersama-sama bangun sumur wakaf di Desa Citatah ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang