Rutinkan Sedekah Subuh, Ikhtiar Kabulkan Hajat dan Bantu Sesama

Sedekah subuh insyaa Allah dapat memudahkan hajatmu untuk terkabul beserta limpahan berkah, Mari rutinkan sedekah subuh bersama Aksi Cepat Tanggap!

Simpan

Rutinkan Sedekah Subuh, Ikhtiar Kabulkan Hajat dan Bantu Sesama

Target

0 0

0%
0 26 hari tersisa

Rutinkan Sedekah Subuh, Ikhtiar Kabulkan Hajat dan Bantu Sesama

Update : 24 Nov, 2021


Subuh adalah waktu istimewa, dimana terjadi pergantian dari gelap menuju terang, dari malam menuju pagi. Subuh secara khusus sering diungkapkan dalam Al Qur’an, salah satunya At-Takwir ayat 18 : “Dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing”.

Sehingga di waktu subuh inilah dianjurkan memperbanyak aktivitas dan amalan yang dapat menambah keberkahan, salah satunya adalah bersedekah. Dikutip dalam buku 'Mukjizat Sedekah' oleh Muhammad Thobroni, bahwa orang yang bersedekah mendapatkan ganjaran yang setimpal dengan sedekah yang diberikan.

Keutamaan Sedekah Subuh

Apa itu sedekah subuh? Sedekah subuh adalah pemberian seorang Muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Sedekah lebih luas dari sekedar zakat maupun infak.

Maka niatkan sedekah subuh setiap hari agar kita mendapatkan keutamaan dari sedekah subuh yang kita tunaikan. Berikut ini adalah 6 keutamaan sedekah subuh:

1. Senantiasa didoakan Malaikat

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.” – HR. Bukhari & Muslim

098f003c06a7a1e36e07893c80e4ea36.jpg

Hadits di atas adalah salah satu alasan kuat betapa sedekah di waktu subuh adalah amalan yang mulia. Selain doa dari malaikat, ada beberapa keutamaan lain yang insyaa Allah akan kita dapatkan ketika ikhlas merutinkan sedekah, salah satunya sedekah saat subuh.

2. Sedekah Kamu akan Dibalas dengan Kebaikan yang Berlipat

652a14bf9f7e9e1e94f89a8df5787369.jpg

Disebutkan dalam Quran Surat Al Baqarah ayat 261:
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Inilah janji Allah, bahwa ketika kamu bersedekah mengeluarkan harta di jalan Allah maka sejatinya hartamu tidak akan berkurang, melainkan Allah akan membalasnya dengan kebaikan yang berlipat. Maka, sedekah saat subuh menjadi cara hebat untuk mengawali hari. Insyaa Allah bisa mengundang kebaikan di sepanjang harimu.

3. Sedekah Kamu akan Membuat Doamu Lebih Mudah Dikabulkan

cf5b2517eeea719c6a18b37ffe153db0.jpg

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalaam dalam sebuah hadits menyampaikan bahwa membantu sesama bisa mempercepat terkabulnya do'a: “Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain.” (HR. Ahmad)

Inilah pesan dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wassalaam, salah satu tips agar doamu lebih didengar dan dikabulkan oleh Allah. Maka sedekah subuh bisa menjadi cara dahsyat mengawali hari agar doa-doamu untuk hari itu insyaa Allah lebih mudah dikabulkan oleh Allah.

4. Sebagai Penghapus Dosa-dosa
Selain dari meminta ampun dan bertaubat, fadilah sedekah subuh dapat menghapuskan dosa-dosa yang kita lakukan dan semoga dijauhkan dari api neraka. Sebagaimana hadits: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.“ (HR. At-Tirmidzi)

5. Sedekah Subuh sebagai Pembuka Pintu Rezeki
Sedekah subuh merupakan salah satu pembuka pintu rezeki yang Allah sampaikan dalam Al-quran: “... Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rizki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39) Maka mulailah hari dengan niatkan salah satu amalan terbaik ini agar Allah selalu memudahkan segala urusan dan rezeki kita setiap hari.

6. Memberikan Keberkahan pada Harta Kita

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Selain ganjaran sedekah subuh kebaikan-kebaikan tersebut, masih banyak lagi manfaat sedekah subuh rutin yang belum bisa disampaikan satu per satu. Selain mendapat keberkahan untuk diri kita sendiri, sedekah kita akan memberikan banyak manfaat untuk orang lain yang membutuhkan.

Seperti dilansir dikutip dari laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas NTB), Alm. Syekh Ali Jaber juga pernah mengungkapkan dalam dakwahnya bahwa resep dari amalannya adalah sedekah subuh.

73d33fc2e2a049da1412a69721470661.jpg

Terlebih, selain mengharapkan ridho Allah, mengharap kebaikan untuk diri, sedekah subuh yang kamu lakukan juga dapat meringankan kesulitan orang lain. Bersama Aksi Cepat Tanggap, sedekah subuhmu akan dikelola menjadi bantuan-bantuan kemanusiaan pada saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan jika ingin bersedekah subuh, diantaranya:
  1. Sedekah dengan mengisi kotak amal selepas sholat subuh, atau memberikan sarapan kepada orang terdekat seperti tetangga, yatim, dhuafa dan membutuhkan lainnya sebelum matahari terbit.
  2. Sedekah dengan transfer kepada orang tua, kerabat, ataupun lembaga kemanusiaan yang amanah.
  3. Sedekah subuh mudah dari rumah dengan berbagai metode transaksi yaitu di indonesiadermawan.id
  4. Terutama bagi wanita yang tidak diwajibkan sholat berjamaah di masjid ditambah yang sedang berhalangan (haid), cara termudah sedekah subuh untuk wanita yaitu dengan menunaikan sedekah subuh di rumah.
00a9bb7445a07754e265fb90f27cd5fd.jpg

Sedekah subuhmu dapat dikelola menjadi bantuan pangan untuk masyarakat prasejahtera, bantuan medis untuk mereka yang sakit, bantuan modal usaha bagi usaha kecil yang bangkrut, bantuan logistik untuk korban bencana, dan bantuan-bantuan lain yang insyaa Allah bermanfaat bagi banyak orang.

117840e86953fe97c39dc711b8aca8f3.jpg

Maka itu, kami hendak mengajakmu untuk merutinkan sedekah subuh. Mari awali harimu dengan kebiasaan baik dan rutin. Sebab Allah mencintai amalan kita yang rutin.



”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.”
(HR. Muslim)

Bagaimana cara sedekah subuh online di rumah? Simak cara mudah sedekah subuh dari rumah dibawah ini. mari rutinkan sedekah subuh dari rumah!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang