Darurat Air bersih, Ayo Patungan Bangun Sumur untuk Warga Perbukitan Bantul

Harus mendaki jurang, melewati lembah hanya untuk mendapatkan satu jerigen air. Ayo patungan bangun sumur untuk Warga Perbukitan Bantul.

Simpan

Darurat Air bersih, Ayo Patungan Bangun Sumur untuk Warga Perbukitan Bantul

Target

0 0

0%
0 83 hari tersisa

Darurat Air bersih, Ayo Patungan Bangun Sumur untuk Warga Perbukitan Bantul

Update : 25 Nov, 2021


"Mendaki Jurang, Melewati Lembah, Nyawa Pun Jadi Taruhan Hanya Demi Mendapatkan 1 Jerigen Air."

Pernahkah kita merasakan kekurangan air bersih? kesusahan untuk bersuci?

Harus naik bukit terlebih dahulu supaya bisa mendapatkan satu jerigen air. Itulah yang dirasakan seluruh warga dermojurang, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Dusun ini berada di bawah bukit dengan jumlah warga kurang lebih 157 KK 785 jiwa.



Saat musim kemarau, air di Dusun Dermojurang sangat sulit mengalir sampai ke pemukiman. Ditambah lagi, wilayah ini cenderung memiliki musim kemarau yang lebih panjang. Hal ini membuat warga harus mengambil di puncak perbukitan di atas dusun tersebut.

“Mau gimana lagi, sebelum berangkat kerja, pagi-pagi kami cepet-cepetan ambil air di gunung pakai jerigen buat keluarga di rumah, Mas. Kalau pulang kerja air habis ya naik lagi ambil air,” ungkap Saryanto, salah satu warga Dermojurang.

Sebenarnya sumber air yang ada di puncak pun hanya berupa lubang genangan air. Namun air dari lubang inilah yang membuat warga bisa bertahan hidup sampai hari ini.
Warga sangat membutuhkan air untuk kebutuhan sehari-hari seperti memasak, minum, mandi, mencuci, hingga berwudhu.



Sebenarnya sudah ada satu sumur yang dibangun di dusun tersebut dari bantuan pemerintah desa. Tetapi air yang dihasilkan dari sumur tersebut, sangat minim dan tidak bisa mencukupi kebutuhan masyarakat.

Jadi, untuk sementara sumurnya tidak difungsikan karena biaya operasionalnya (listrik) tidak sebanding dengan air yang dihasilkan. Tak jarang hanya angin saja yang keluar dari kran.
Saat ini warga harus rela mendaki bukit yang terjal selama kurang lebih satu jam untuk mengambil air. Tak jarang warga terpeleset karena jalanan yang ekstrim.

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Ada tujuh hal yang pahalanya akan tetap mengalir bagi seorang hamba padahal dia sudah terbaring dalam kuburnya setelah ia meninggal dunia (salah satunya) orang yang menggali sumur (sedekah air)."



InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Bantul akan membangunkan sumur bor untuk warga Dermojurang agar warga mendapatkan air bersih lebih mudah dan menjadi amal jariyah bagi kita semua.

Maukah sahabat ikut patungan sumur wakaf untuk mereka?

Sahabat, inilah kesempatan bagi kita untuk menginvestasikan sebagian harta kita untuk pembangunan sumur bor warga Dermojurang. Selama air itu digunakan dan difungsikan, sedekahmu akan menjadi ladang pahalamu. Mari bersama bangun sumur untuk mereka!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Wakaf Sekarang