Bantu Hadirkan Sumur di Masjid Al Falach untuk Warga Dusun Boan

Jarak berkilo-kilo harus ditempuh untuk mencari air bersih karena Dusun Boan mengalami kekeringan. Seringkali air yang keluar terasa asin. Ayo patungan bangun sumur masjid untuk warga sekitar.

Simpan

Bantu Hadirkan Sumur di Masjid Al Falach untuk Warga Dusun Boan

Target

0 0

0%
0 88 hari tersisa

Bantu Hadirkan Sumur di Masjid Al Falach untuk Warga Dusun Boan

Update : 30 Nov, 2021


Dusun Boan terletak di Ngawi bagian Timur yang selalu menjadi langganan kekeringan setiap tahunnya. Letaknya berada di tengah hutan pohon jati dengan 94 kepala keluarga. Jika ke sana harus melewati jalanan rusak berbatu dan berlumpur sepanjang 4 km.

Jarak berkilo-kilo harus ditempuh untuk mencari air bersih karena wilayah ini mengalami kekeringan. Paling parah, kekeringan terjadi sekitar 10 bulan dari pertengahan bulan 2020 sampai pertengahan 2021. Butuh 2 – 3 jam untuk mendapatkan air sebanyak 2 jirigen saja. Namun air yang keluar kadangkala terasa asin karena datarannya tanah putih.



Air sebanyak 2 jirigen tidaklah cukup digunakan dalam sehari. Oleh karena itu, warga harus bolak-balik 3 sampai 4 kali untuk memenuhi kebutuhan satu hari seperti mandi, mencuci, memasak, bahkan memberi minum binatang peliharaan.

Selain warganya yang kesulitan, Dusun Boan juga terdapat satu masjid yaitu Masjid Al Falach yang ada sejak tahun 1990an. Walaupun sudah direnovasi, keadaannya belum sempurna. Masjid tersebut belum ada tempat wudhu dan MCK. Sehingga membuat warga terpaksa harus mengambil air melalui sumber terdekat yang tersedia.



Saat ini warga Dusun Boan membutuhkan sumber air bersih yang bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari terutama untuk mandi, mencuci, memasak.

Namun sumber air bersih tersebut nantinya tidak hanya digunakan untuk masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari saja namun untuk keperluan masjid karena tidak ada tempat wudhu dan MCK. Padahal setiap hari para warga menggunakan masjid Al Falach untuk beribadah.

Saad bin Ubadah radhiyallahu 'anhu bertanya kepada Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam, “Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air” (HR. Abu Daud).



InsyaAllah tim Aksi Cepat Tanggap Madiun akan melakukan asesmen wilayah pembangunan sumur agar bisa membangun sumur dengan tepat agar air yang keluar tidak asin dan bisa digunakan oleh warga dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari dan beribadah.

Sahabat, mari wujudkan sumur untuk warga Dusun Boan dengan sedekah dan infak terbaik kita. Mari bersama sampaikan kepedulian terbaik melalui laman aksi ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang