Hadirkan Sumur Wakaf untuk 400 KK yang Kesulitan Air Bersih di Desa Jamburejo

Puluhan tahun warga Desa Jamburejo mengalami kekeringan, sehingga terpaksa mengkonsumsi air sungai. Bantu ringankan ujian mereka dengan sedekahmu melalui laman ini.

Simpan

Hadirkan Sumur Wakaf untuk 400 KK yang Kesulitan Air Bersih di Desa Jamburejo

Target

0 0

0%
0 35 hari tersisa

Hadirkan Sumur Wakaf untuk 400 KK yang Kesulitan Air Bersih di Desa Jamburejo

Update : 03 Dec, 2021


Populasi manusia dari hari ke hari terus menambah. Namun, seiring berjalannya waktu ketersedian air makin berkurang. Hal ini dirasakan oleh warga Desa Jamburejo, Yogyakarta. Selama bertahun-tahun desa tersebut mengalami kekeringan.

Sebanyak kurang lebihh 1000 warga kekurangan air bersih. Satu-satunya sumber air yang mereka miliki berasal dari sumur bor desa tetangga. Namun, ketika musim kemarau tiba, ketersedian air untuk warga Desa Jamburejo akan terhenti karena air diprioritaskan untuk dusun tetangga.



Dampaknya, warga Desa Jamburejo harus rela mengambil air langsung dari dusun lain maupun membeli air. Bahkan Masjid Al-Fatah yang digunakan oleh 400 KK di desa setempat, seringkali kehabisan persediaan air untuk jamaah berwudhu.



Bagi warga yang berkecukupan, mungkin masalah ini bisa diatasi dengan membeli air di truk tangki dengan harga Rp 150.000 – 300.000 per tangki. Namun, hal itu sangat sulit bagi warga. Karena sebagian besar warga di Desa Jamburejo berprofesi sebagai petani dan buruh, dengan penghasilan rata-rata kurang lebih Rp 600.000 per bulan.



Warga Dusun Jamburejo akhirnya terpaksa harus berjalan menuju Sungai Gede untuk mandi mencuci, memberi makan ternak, serta mengkonsumsi air sungai untuk kebutuhan harian.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: "Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala." (HR. Muslim).



InsyaAllah tim ACT-MRI Yogyakarta akan berikhtiar untuk membangun sumur wakaf di Masjid Al-Fatah. Sumur ini nantinya diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan jamaah dan warga sekitar supaya tidak perlu mengalami bencana kekeringan.

Sahabat, yuk berikan kebermanfaatan tak terputus dengan membangun sumur untuk warga Desa Jamburejo dengan sedekahmu melalui laman ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang