Krisis Air Bersih, Bangun Sumur Wakaf untuk Warga Golat

Bertahun-tahun hidup dengan ketersedian air yang tidak layak dikonsumsi, berbau dan berwarna. Hadirkan sumur wakaf untuk Desa Golat

Simpan

Krisis Air Bersih, Bangun Sumur Wakaf untuk Warga Golat

Target

0 0

0%
0 35 hari tersisa

Krisis Air Bersih, Bangun Sumur Wakaf untuk Warga Golat

Update : 29 Nov, 2021


Air merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, namun beberapa wilayah di pelosok Indonesia masih banyak yang mengalami krisis air bersih. Warga Desa Golat, Kec. Panumbangan, Kab. Ciamis mengalami krisis air bersih yang cukup parah. Dataran tinggi yang ditumbuhi kopi menjadi salah satu penyebab utama kekeringan air, karena tanaman kopi memliki daya serap air yang tinggi.



Warga berupaya membuat penampungan air. Namun, air yang ditampung di kolam yang telah mereka buat kini berubah warna menjadi kuning dan berbau besi. Sebanyak 500 warga mau tidak mau harus mengambil air yang jaraknya cukup jauh dari kediamannya.



Warga harus menempuh jarak sejauh 3 kilometer ke area pegunungan untuk mendapatkan air bersih. Upaya lainnya untuk mendapatkan air bersih, warga terpaksa harus membeli air yang harganya cukup mahal. Untuk warga yang memiliki perekonomian yang cukup, mungkin ancaman kekeringan bisa diatasi. Namun tidak dengan warga Desa Golat yang sebagian besar bekerja sebagai buruh tani dan kebun.



Dari Anas bin Malik radhiyallahu’anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tujuh kebaikan seorang muslim yang pahalanya akan terus mengalir meskipun ia telah berada di kuburnya setelah ia meninggal dunia, yaitu seseorang yang mengajarkan ilmu (syar’i), menyalurkan air sungai, menggali sumur, menanam kurma, membangun masjid, mewariskan mushaf Al-Quran dan meninggalkan anak yang memohonkan ampun untuknya ketika ia sudah meninggal.” (HR. Abu Nu’aim dalam Al-Hilyah dan Al-Baihaqi)



Insya Allah, tim ACT-MRI Ciamis akan melakukan pembangunan sumur wakaf dan MCK di tempat yang strategis sehingga bisa dimanfaatkan oleh banyak orang. Yuk raih amal jariyah dengan patungan bangun sumur wakaf melalui laman ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang