Sedekah Pangan untuk Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an di Pelosok Tegal

Terdapat banyak sekali pondok pesantren di pelosok Tegal yang kekurangan nutrisi untuk para santrinya. Mari hadirkan nutrisi yang baik untuk mereka dengan sedekah terbaikmu!

Simpan

Sedekah Pangan untuk Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an di Pelosok Tegal

Target

0 0

0%
0 38 hari tersisa

Sedekah Pangan untuk Santri Yatim Penghafal Al-Qur'an di Pelosok Tegal

Update : 04 Dec, 2021


"Lauk rutinan kami setiap hari kalo nggak tempe, tahu, kadang juga gembus. Aku paling suka kalo Hari Jumat tiba. Karena seminggu sekali cuma di hari Jumat kami makan enak dengan lauk ayam,” cerita singkat dari santri yatim prasejahtera.

Sahabat, apa lauk rutinanmu tiap hari? Pernahkah kamu mengeluh ketika hanya bisa makan nasi dan tempe? Padahal setiap harinya ada ratusan santri di pelosok Tegal yang kesulitan makan bergizi. Mereka adalah santri yatiim prasejahtera para penghafal Al-Qur’an, kekasih Rasulallah, calon ahli hadist dan calon ustadz ustadzah, penerus bangsa ini bertahun-tahun ke depan.



Pesantren dapat memenuhi kebutuhan belajar agama tapi untuk makan seringkali kesulitan. Di sela-sela belajar agama, santriwati membantu menyiapkan hidangan unutk makan sehari-hari. Mereka bergantian memasak. Kadang ada sayur-sayuran yang jadi teman nasi namun kadang mereka hanya makan nasi dengan tempe goreng atau gembus goreng yang mereka beli seharga Rp 1 ribu perbungkusnya.

Gembus merupakan olahan yang terbuat dari ampas tahu yang ditambahkan dengan ragi kemudian dibungkus dan difermentasi. Biasanya gembus digoreng tepung atau diolah dengan bumbu. Soal nilai gizi, sayangnya gembus dicap sebagai makanan yang rendah nutrisi. Bahkan didaerah Tegal biasa mengolahnya menjadi pakan ternak.



Kondisi yang serba terbatas, lauk seadanya hingga asrama sempit, tidak mengurangi semangat belajar santri untuk menjadi Hafidz dan Hafidzah. Mereka tentu tak pernah mereka mengeluh, tapi jika tak pernah makan bergizi bagaimana mereka bisa maksimal menimba ilmu agama?

Ada beberapa pesantren di Tegal yang masih tergolong prasejahtera. Mereka menggratiskan biaya asrama dan sekolah agar anak-anak prasejatera bisa menuntut ilmu agama.

Salah satunya adalah Pesantren Pangeran Purbaya di Desa Kalisoka, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Pesantren bersejarah yang sudah berdiri sejak ratusan tahun. Zaman dahulu masih berbentuk padepokan beladiri dan spiritual. Hingga puluhan tahun berjalan pesantren ini kian redup dan mulai tahun 2000-an kembali di rintis menjadi Pondok Pantren Santri Yatim Prasejahtera Purbaya.



"Barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain." (HR.Thabrani)

InshaAllah kami tim Aksi Cepat Tanggap Tegal akan mendistribusikan paket pangan untuk bergizi untuk beberapa pondok pesantren prasejahtera di Tegal.

Yuk antarkan makanan bergizi dan bernutrisi untuk sumber energi mereka agar bisa semangat menghafal Al-Qur'an

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang