Bantu Uyun, Gadis Pemulung Mengejar Mimpinya

Berjibaku dengan sampah untuk bantu orang tuanya. Uyun (13) harus memulung dari satu tempat sampah ke tempat lainnya untuk bantu pengobatan ibu dan menebus HP yang tergadaikan. Padahal HP tersebut untuk sekolah online. Yuk, bantu Uyun!

Simpan

Bantu Uyun, Gadis Pemulung Mengejar Mimpinya

Target

0 0

0%
0 66 hari tersisa

Bantu Uyun, Gadis Pemulung Mengejar Mimpinya

Update : 03 Dec, 2021


Miris, saat anak-anak kita, adik-adik kita di rumah sudah begitu lekat dengan gawai cerdasnya, seorang anak sekolah dasar justru harus memulung demi bisa beli handphone untuk belajar online...

Uyun Ilmia namanya. Gadis yang biasa dipanggil Uyun ini merupakan anak ke-3 dari 4 bersaudara, dan duduk di bangku kelas 5 Sekolah Dasar di wilayah Sidoarjo. Saat ini, hampir semua sekolah sangat bergantung pada pembelajaran online, meskipun perlahan kegiatan belajar tatap muka sudah diaktifkan kembali 2 sampai 3 kali per pekan.



Tidak sedikit guru, murid, maupun orang tua murid yang sangat terhambat kegiatan belajar online. Terlebih dari segi fasilitas penunjangnya; handphone, laptop, ataupun jaringan internet. Bagi mereka yang punya kemampuan finansial memadai, hal ini mungkin bukan masalah. Berbeda dengan Uyun, yang keluarganya hidup sangat sederhana.

Setiap pembelajaran online, Uyun harus meminjam atau belajar bersama temannya supaya tidak ketinggalan pelajaran. Sebelumnya, Uyun pernah memiliki handphone hamun karena sang ibu sakit dan harus dibawa ke rumah sakit, handphone ini pun harus digadaikan.



Uyun tinggal dengan kedua orang tua dan adiknya, di sebuah kos di kawasan pengepul sampah. Kedua orang tua Uyun juga bekerja mencari rongsokan dengan penghasilan rata-rata per-hari 40 ribu. Demi bisa terus bersekolah, Uyun membantu orang tuanya. Dengan sepeda onthel berkeranjang bambu, ia menyusuri jalan, dari satu tempat sampah ke tempat sampah yang lain mencari barang bekas setiap selesai sekolah.

Hari libur pun digunakannya untuk mencari rongsokan, mulai dari jam 9 pagi hingga siang atau sore hari. Waktu malam ia habiskan untuk belajar dan mengerjakan tugas sekolah. Cita-cita Uyun ingin membahagiakan orang tuanya. Mengubah nasib keluarganya lebih baik.



Apalagi akhir-akhir ini Ibu dari Uyun sering jatuh sakit, Jadi Uyun harus mencari rongsokan lebih banyak lagi untuk bisa menebus handphone, pengobatan ibunya dan uang jajan untuknya dan adiknya.

Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap dan MRI Sidoarjo berikhtiar membantu kehidupan hingga pendidikan Uyun lebih layak, juga modal usaha untuk keluarga Uyun supaya lebih luas rezekinya. Yuk, mari bersama sampaikan kepedulian terbaikmu untuk Uyun melalui laman aksi ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang