Tercemar Racun Pestisida, Yuk Bangun Sumur Wakaf untuk Santri di Langsa!

Minimnya persediaan air di Dayah Bustanul Hidayah membuat para santri harus mandi di irigasi. Air dari sumur pun kuning dan keruh. Mari bangun sumur wakaf di Dayah Bustanul Hidayah dengan sedekah terbaikmu!

Simpan

Tercemar Racun Pestisida, Yuk Bangun Sumur Wakaf untuk Santri di Langsa!

Target

0 0

0%
0 35 hari tersisa

Tercemar Racun Pestisida, Yuk Bangun Sumur Wakaf untuk Santri di Langsa!

Update : 04 Dec, 2021


“Kami sering mandi di irigasi, karena ketersediaan air dari sumur bor sangat terbatas, dan itupun airnya kuning dan keruh,” ungkap Masykur salah satu santri.

Sahabat, begitulah kondisi santri Dayah Bustanul Hidayah yang terletak di Desa Alue Ie Mirah, Kecamatan Indra Makmu, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Di sini ada seratusan lebih santri di asramakan dan ratusan lainnya mengikuti pengajian di sore dan malam hari. Rata-rata mereka berasal dari keluarga prasejahtera. Jadi tak jarang untuk kebutuhan makan santri, terkadang harus dibantu oleh pihak pesantren.



Minimnya ketersediaan air menjadi persoalan utama. Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan air, sebagian terpenuhi oleh sumur bor kecil dan sebagian lagi para santri harus menggunakan air irigasi yang berada tepat di tengah-tengah pesantren.

“Air di sini sangat keruh dan kuning dan itu dipakai oleh santri kami untuk berbagai keperluan, mulai dari wudhu, mandi, memasak sampai dengan mencuci pakaian, saya juga khawatir dalam jangka Panjang ini akan berdampak bagi Kesehatan santri,” ujar Ustaz Hasbi Yani.



Sebagian santri terpaksa menggunakan air irigasi karena ketersediaan air dari sumur bor sangat sedikit. Penyakit kulit karena kurang higeinisnya air juga tidak terelakkan. Saat ini santri membutuhkan sumur bor dengan kaspasitas air untuk ratusan santri.



Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda: Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yangmenyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala." (HR. Muslim)

Insya Allah, tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Langsa akan melakukan pembangunan sumur wakaf dan MCK di tempat yang strategis sehingga bisa dimanfaatkan oleh banyak orang. Yuk raih amal jariyah dengan patungan bangun sumur wakaf.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Wakaf Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Wakaf
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Ayo ikut berkontribusi dengan menjadi fundraiser pada campaign ini.
Wakaf Sekarang