Satu Tangannya Lumpuh, Bantu Perjuangan Kakek Salam dan Nenek Mariana

Kakek Salam dan Nenek Mariana hidup dalam kesederhanaan. Pasangan lansia ini hidup dalam keterbatasan. Bantu penuhi kebutuhan pokok mereka dengan sedekah terbaikmu!

Simpan

Satu Tangannya Lumpuh, Bantu Perjuangan Kakek Salam dan Nenek Mariana

Target

0 0

0%
0 72 hari tersisa

Satu Tangannya Lumpuh, Bantu Perjuangan Kakek Salam dan Nenek Mariana

Update : 08 Dec, 2021


"Ingin menangis rasanya mas, pas kerja tiba-tiba teringat istri sendirian tak berdaya di rumah. Tapi kalau tak kerja, ya kami tak bisa makan mas," ucap kakek Salam, sambil menyeka air matanya.

Di masa tuanya, hidup Kakek Salam (73) dan Nenek Mariana (70) begitu memilukan. Mereka tak memiliki anak dan saudara, bahkan sejak berusia 7 tahun, tangan kanan Kakek Salam sudah tidak bisa digerakkan karena tertimpah gelondongan kayu.

Keterbatasan biaya pun membuat luka dan cedera yang dialaminya hanya dibiarkan tanpa perawatan. Hingga kini tangan Kakek Salam tak bisa digunakan nampak kering, tinggal "tulang dan kulit" saja.



Kondisi yang lebih parah dialami Nenek Mariana. Sudah 7 tahun kedua kakinya lumpuh total tak bisa digunakan, hanya tersisa tulang seukuran gagang cangkul yang dibalut kulit kering.

Jika ingin ke kamar mandi atau ke depan rumah, beliau akan memanggil kakek Salam untuk digendong. Namun jika sang suami sedang tidak berada di rumah, beliau terpaksa menyeret tubuhnya sendiri dengan menggerakkan kedua tangannya dan bantal sebagai alas.

Tak hanya lumpuh, Nenek Mariana pun sering mengalami sakit-sakitan. Namun karena keterbatasan biaya, Kakek Salam hanya bisa menangis sedih sebab tak bisa membawa sang istri tercinta berobat ke rumah sakit.



Kini, kedua lansia itu tinggal di rumah yang merupakan pinjaman dari salah satu warga. Sementara untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Kakek Salam bekerja sebagai pembersih kikil dengan pendapatan Rp 100.000 per minggu.

Dengan pendapatan seadanya, Kakek Salam hanya makan dengan lauk tempe dan tahu. Sebab jika digunakan untuk membeli yang lain, tidak akan cukup.

"Mau makan apalagi mas? Tempe dan tahu itu sudah sangat mewah bagi kami. Jika tidak ada tahu dan tempe, biasanya kami mencari jantung pisang untuk dijadikan lauk," cerita Kakek Salam.



Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Barang siapa yang menyelamatkan orang dari kesusahan, maka Allah ta’ala akan menyelamatkannya dari kesusahan pada hari kiamat." (HR. Ahmad).

InsyaAllah Tim ACT Pasuruan akan membantu menyediakan kebutuhan pangan dan pengobatan Nenek Mariana beserta Kakek Salam, serta memberikan modal usaha agar mereka bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Sahabat, yuk bantu perjuangan Kakek Salam dan Nenek Mariana di masa tuanya. Semoga dengan ikhtiar kita ini, bisa meringankan sedikit ujian yang tengah pasangan lansia ini hadapi. Amin.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang