Selamatkan Ratusan Hewan Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Erupsi Semeru menyisakan duka bagi warga Lumajang. Tak hanya manusia yang merasakan deritanya, tetapi juga hewan ternak peliharaan masyarakat. Tanpa ternak-ternak ini, warga kesulitan kembali mencari nafkah. Ayo bantu selamatkan ternak Semeru!

Simpan

Selamatkan Ratusan Hewan Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Target

0 0

0%
0 35 hari tersisa

Selamatkan Ratusan Hewan Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Update : 10 Dec, 2021


Pilu! Bukan hanya manusia yang terdampak erupsi Semeru, tetapi juga hewan-hewan ternak yang tak bisa menyelamatkan diri.

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12) hingga saat ini masih menyisakan duka bagi para warga. Pasalnya beberapa desa diantaranya di Desa Supit Urang, Desa Sumberwuluh yang terletak di Kecamatan Candipuro kini harus dikosongkan mengingat wilayah tersebut masuk zona merah.



Akibat terjangan abu vulkanik dan banjir lahar dingin para warga mengalami kerugian yang sangat besar. Mulai dari kerusakan rusak dari yang ringan hingga berat, gagal panen sayuran, hingga kematian ternak hewan yang tak sempat diselamatkan ketika erupsi terjadi.



Salah satu kejadian paling miris adalah nasib para hewan ternak yang tertinggal dan bertahan di kandang-kandang warga. Mereka ditemukan masih hidup dengan keadaan terlantar dalam keadaan kelaparan. Erupsi yang sangat mendadak membuat mereka terpaksa meninggalkan hewan ternaknya karena kalut dan takut akan terjangan abu vulkanik serta banjir lahar. Padahal, keberadaan hewan ternak bagi para warga amatlah penting. Mengingat memelihara ternak adalah salah satu mata pencaharian warga di sekitar Gunung Semeru.

Saat ini masih banyak hewan ternak yang membutuhan bantuan untuk dievakuasi segera oleh para relawan. Ternak-ternak yang masih hidup ini juga butuh bantuan pangan dan penangan medis, jika tidak maka tak ada lagi ternak warga yang tersisa untuk memulai hidup pascaerupsi.



Oleh karena itu, tim Aksi Cepat Tanggap Madiun ingin membantu untuk menyelamatkan hewan ternak warga di sekitar Gunung Semeru. Beberapa ikhtiar yang akan diupayakan adalah melakukan evakuasi hewan dari kandang-kandang warga, memberikan bantuan pakan mengingat para hewan harus tetap diurus dalam keadaan seperti ini agar tidak mati, dan penyediaan medis apabila ada hewan ternak yang mengalami luka-luka. Selanjutnya, ternak warga ini akan diberikan kandang sementara sebagai tempat perlindungan.



Sahabat Dermawan, mari bantu ringankan beban para korban erupsi Gunung Semeru yang memiliki hewan ternak untuk diselamatkan dan dipindahkan ke tempat yang aman. Bantuan melalui sedekah tertulusmu amat dinantikan di masa-masa darurat ini. Mari bersama sampaikan kepedulian terbaik melalui laman aksi ini!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang