Pengungsi Semeru Butuh Bantuan Medis, Hadirkan Lewat Sedekah Kita

Kondisi pengungsian erupsi Semeru yang serba terbatas menyebabkan ribuan warga rentan terpapar penyakit. Setidaknya, penyakit pernapasan, kulit, dan pencernaan telah dialami sejumlah warga. Yuk, dampingi mereka dengan bantuan terbaik!

Simpan

Pengungsi Semeru Butuh Bantuan Medis, Hadirkan Lewat Sedekah Kita

Target

0 0

0%
0 32 hari tersisa

Pengungsi Semeru Butuh Bantuan Medis, Hadirkan Lewat Sedekah Kita

Update : 16 Dec, 2021


Tahukah Sahabat? Akibat erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada Sabtu (4/12) lalu, masyarakat yang kini mengungsi mengalami berbagai keluhan kesehatan.

Berdasarkan data pada (10/12) atau 6 hari setelahnya, tercatat ada 32 jiwa luka berat, dan 82 jiwa luka ringan. Adapun jumlah warga yang mengungsi diperkirakan mencapai lebih dari 6500 orang, tersebar di ratusan titik pengungsian.

Kondisi serba terbatas di pengungsian sangat potensial menjadi sumber dari ragam permasalahan kesehatan. Sanitasi yang buruk, udara dan lingkungan yang masih dikelilingi abu, ketiadaan alat kebersihan personal, dan kondisi pengungsian yang mengharuskan warga tinggal berdesakan adalah beberapa faktor pendukung penyebaran penyakit. Ditambah lagi bahan pangan yang kurang higienis.



Menurut laporan tim Humanity Medical Services ACT, diagnosis penyakit yang sering ditemukan pada warga di antaranya batuk dan sesak, pusing, gatal-gatal, diare, serta tekanan darah tinggi. Tim medis ACT yang terdiri dari sejumah relawan dokter dan perawat juga menemukan beberapa lansia yang mengidap stroke serta pasien diabetes yang kesulitan mendapatkan perawatan di pengungsian.



Selain fasilitas kesehatan, para pengungsi juga membutuhkan pasokan vitamin dan obat-obatan. Laporan tim di lapangan, beberapa obat yang sangat diperlukan di antaranya obat asma dan gangguan pernapasan, kassa steril, iodine, cairan NaCl, obat batuk pilek untuk anak dan dewasa, obat hipertensi, multivitamin, salep antibiotik dan antijamur.



InsyaAllah ACT Ponorogo akan terus memaksimalkan ikhtiar memenuhi kebutuhan medis saudara-saudara kita terdampak erupsi Semeru. Untukmu yang ingin berpartisipasi, kesempatan terbuka luas. Yuk, hadirkan pelayanan kesehatan terbaik untuk warga terdampak erupsi Semeru dengan sedekah kita!

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

#Perbaharui 03 Jan, 2022

Alhamdulillah, Tim Humanity Medical Services didukung oleh Indonesia Dermawan melakukan Psikososial terhadap anak-anak dan masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru. Layanan pendampingan psikososial yang diberikan oleh Tim yaitu memberikan pengetahuan atau cerita tentang kisah-kisah Nabi dan juga mengulang kembali ingatan anak-anak mempelajari ayat-ayat pendek Quran, dan bermain.

Total anak dan masyarakat yang mengikuti pendampingan psikososial ini sebanyak 89 orang, anak-anak dan masyarakat banyak bercerita tentang kejadian erupsi dan dampak dari erupsi Gunung Semeru. Kami memberikan pendampingan psikososial untuk mengurangi trauma dan bisa mengalihkan fikiran negatif ke hal-hal yang baik.

Tidak hanya itu, tim juga membagikan susu UHT, Pino Jelly dan vitamin untuk anak-anak dan masyarakat sekitar. Anak-anak sangat antusias mengikuti pendampingan psikososial yang telah diberikan oleh tim HMS. Harapannya kegiatan ini terus berlangsung untuk melakukan pendampingan kepada anak-anak yang terdampak erupsi Gunung Semeru.

Terima kasih Sahabat Dermawan atas kebaikan yang udah kamu berikan. Semoga Allah berikan keberkahan di setiap harta yang kamu tunaikan, aamiin.










Sedekah Sekarang