Ribuan Rumah Rusak! Bangun Hunian Terpadu untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru

ribuan warga terpaksa mengungsi ke daerah yang lebih aman, sebab tempat tinggal mereka banyak yang rusak dan tidak layak ditempati lagi.

Simpan

Ribuan Rumah Rusak! Bangun Hunian Terpadu untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru

Target

0 0

0%
0 66 hari tersisa

Ribuan Rumah Rusak! Bangun Hunian Terpadu untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru

Update : 21 Dec, 2021


nnalillahi wa inna ilaihi raji'un.

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi pada 4 Desember 2021 menimbulkan kerusakan parah bagi daerah yang dilalui oleh guguran awan panas. Tercatat ada 29 kecamatan di 2 kabupaten (Lumajang dan Malang) yang terkena dampak bencana dahsyat ini. Bahkan salah satu desa di kecamatan Candipuro, yakni desa Curah Kobokan, kini rata dengan tanah akibat terjangan awan panas dan banjir lahar dingin. Akibatnya ribuan warga terpaksa mengungsi ke daerah yang lebih aman, sebab tempat tinggal mereka banyak yang rusak dan tidak layak ditempati lagi.



Berdasarkan data yang telah dikumpulkan oleh tim assessment Aksi Cepat Tanggap, per hari Jumat, 17/12/2021. Kerugian materil yang ditimbulkan dari erupsi Semeru, meliputi jembatan, rumah warga, sarana pendidikan, fasiltas kesehatan, sarana ibadah, dan ternak milik warga di kecamatan Pronojiwo dan Candipuro ikut terkena dampak terparah dari erupsi Semeru.



Untuk bisa kembali membangun rumah, tentu menjadi hal yang sangat sulit bagi para korban. Apalagi saat ini seluruh harta benda sudah tidak bisa diselamatkan. Selain bantuan berupa paket sandang dan pangan, para korban juga membutuhkan hunian terpadu yang dapat memberikan suasana tenang dan aman. Sebab jika hanya mengandalkan pengungsian, tentu mereka hidup dalam ketidakpastian.



Menjawab persoalan tersebut. Alhamdulillah, Aksi Cepat Tanggap (ACT) diberikan izin oleh Bupati Luamajang, untuk menggunakan lahan seluas 1 Ha di desa Sembermujur, Kecamatan Candipuro untuk mendirikan Integrated Community Shelter (ICS) sebagai tempat tinggal korban bencana erupsi Semeru. InsyaAllah, selain tempat tinggal juga akan didirikan masjid, sekolah, dan berbagai fasiltas umum untuk menunjang kehidupan mereka.



“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” – (Al Baqarah:261)

Sahabat, bersama Indihome dan Aksi Cepat Tanggap, mari saling bahu membahu bantu siapkan tempat tinggal yang layak untuk korban bencana Erupsi Semeru, agar mereka bisa memulai hidup normal kembali, tersenyum dan bahagia seperti sedia kala sebelum erupsi gunung Semeru.

Salurkan sedekah terbaikmu dengan cara:

1. Klik Sedekah Sekarang
2. Masukkan nominal sedekah
3. Masukkan informasi pelengkap dan pilih metode transfer seperti BSI/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay atau OVO
4. Selesaikan dengan klik Sedekah
5. Dapatkan laporan sedekah dari email dan atau whatsapp yang kamu cantumkan

Jangan lupa share program sedekah ini agar semakin banyak yang ikut membantu.
Salam hangat!

*dengan bersedekah melalui laman ini, kamu telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku 

Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang