back
home
Banner Detail
Warga Dusun Galih Kekeringan, Yuk Bangun Sumur untuk Mereka!
Banner Content

Terkumpul

Rp11,218,038

dariRp30,000,000

170

Dermawan

0

Hari Tersisa

Act Logo 
ACT Solo
Marker Primary 
Wonogiri, Jawa Tengah
 
|
 
Dibuat 12 Jan 2022
Warga Dusun Galih tak punya sumur bor sehingga kekurangan air bersih. Mari bantu mereka untuk mempunyai sumur sendiri, agar tidak kekeringan lagi dengan sedekah terbaikmu!
Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wassalaam bersabda, "Wahai Sahabatku, siapa saja di antara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surga-Nya Allah Ta’ala." (HR. Muslim)

Sahabat Dermawan, perlu kita ketahui jika tidak semuanya masyarakat di Indonesia sudah tercukupi masalah kebutuhan air. Warga Dusun Galih, Desa Sumber, Kecamatan Puwantoro, Kabupaten Wonogiri merupakan salah satu contoh yang hingga saat ini mengalami kesusahan dan keterbatasan pemenuhuhan kebutuhan air bersih.



Secara geologis Dusun Galih terletak di area pegunungan yang merupakan daerah transisi mendekati pegunungan Karst Sewu. Daerah tersebut mempunyai karakter berbatu wadas yang sulit mengikat air. Saat musim penghujan tanah masih menyimpan cadangan air, namun saat musim kemarau tanah benar-benar tidak menyimpan cadangan air, sehingga sumur juga mengalami kekeringan.

Jika kondisi kemarau air di sendang tidak ada, warga hanya mengandalkan bantuan dari komunitas sosial yang mengirimkan bantuan air bersih. Tetapi tidak semua kebagian, karena mobil tanki yang membawa air bersih tidak bisa menjangkau wilayah dalam dusun, karena struktur tanah yang naik turun dan curam. Mobil tanki hanya bisa berhenti, melakukan droping di pinggil jalan besar. Hanya warga yang rumahnya dekat dengan jalan besar yang mendapatkan air.



Mayoritas pekerjaan warga hanya sebagai buruh tani yang hanya mendapatkan upah sekitar 300 ribu rupiah sebulan. Dengan penghasilan segitu untuk kebutuhan makan saja tidak mencukupi, apalagi untuk mewujudkan keinginan warga yang ingin membuat sumur bor yang dalam. Tentu biaya tidak ada, mesikipun warga melakukan patungan.

Upaya terbaik saat ini adalah berikhtiar membantu warga dengan membuatkan sumur bor.



InsyaAllah, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Solo berusaha mengajak sahabat dermawan untuk ikut memperhatikan saudara kita di Dusun Galih yang mengalami masalah kekurangan air bersih dengan berkontrubsi bangun bersama-sama sumur bor terbaik warga disana.

Sahabat dermawan, yuk bersama-sama wujudkan impian warga mempunyai sumur bor yang dalam, agar terus mengalirkan air bersih dan memberikan kebahagiaan masyarakat karena tidak lagi mengalami kesulitan air bersih. Berikan sedekah terbaikmu dan sampaikan kebaikan ini ke saudara yang lainnya!

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Ayo Bangun Sumur Wakaf untuk Cegah Krisis Air di Penjuru Indonesia
Icon Image

Global Wakaf

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 1,216,505,879

123

Rp11,218,038

Terkumpul dari Rp30,000,000