back
home
Banner Detail
Perjuangan Ibu yang Hidupi 4 Anaknya yang Yatim Sendirian
Banner Content

Terkumpul

Rp655,190

dariRp10,000,000

14

Dermawan

0

Hari Tersisa

Act Logo 
ACT Tasikmalaya
Marker Primary 
Tasikmalaya, Jawa Barat
 
|
 
Dibuat 03 Feb 2022
Ibu Tunggal yang menghidupi keempat anaknya yang yatim dan tinggal rumah reyot. Yuk hadirkan rumah layak untuk Ibu Enung dan keluara melalui laman ini
Ibu Enung Nurhayati, seorang ibu tunggal yang menghidupi 4 orang anaknya seorang diri. Dulu ia hidup lengkap bersama suaminya yang 8 bulan yang lalu meninggal dunia. Saat ini mereka tinggal dalam sebuah gubuk yang jauh dari kata layak. Gubuk berukuran 2x2 ini sudah mereka tempati selama 10 tahun lamanya.


Dengan kondisi gubuk yang sudah rapuh, miring, terdapat tiang penyangga bangunan yang terbuat dari bamboo untuk menopang bangunan sementara, belum lagi dinding bilik kayu yang bolong dan tak terkecuali atap yang seringkali bocor saat hujan turun.

Dulu ia berjuang bersama suaminya, namun saat suaminya terserang stroke, Ibu Enung harus menjadi tulang punggung sekaligus merawat suaminya yang stroke selama 4 tahun lamanya hingga meninggal dunia.


Keterbatasan ekonomilah yang membuat mereka bertahan digubuk tersebut. Untuk menghidupi keempat anaknya seorang diri, Ibu Enung bekerja sebagai penjual cimol yang ia bikin sendiri dari hasil jasa memijat jika ada tetangganya yang ingin dipijat. Kurang lebih 10.000-15.000 sehari ia dapatkan jika jualanya habis. Dari jualan tersebut ia gunakan untuk memnuhi kebutuhan makan dan menyekolahkan ketiga anaknya yang duduk di bangku SMA, SD dan PAUD.


Warga Leuwibudah, Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya ini Setiap hari tingggal berdesak-desakan di gubuk tersebut, hanya satu ruangan yang digunakan untuk semua kegiatan. Untuk memasak, Ibu Enung mmebuat tunggku darurat tepat disamping gubuknya, dan begitupun dengan MCK darurat.


Dibawah atap bocor gubuknya, anak-anak ibu enung belajar dan tertidur. Meski hidup ditengah keterbatasan dan perjuangan yang sendirian, ia tetap melantunkan rasa syukurnya untuk apa yang ia dapatkan selama ini, ia memiliki tekad yang kuat untuk menghidupi keempat anaknya dengan cara apapun selagi itu halal. Bukan tidak mau ia memberikan tempat tinggal layak untuk anak-anaknya, untuk memenuhi kebutuhan harian saja masih tertatih-tatih.


Ditengah perjuangan Ibu Enung yang tangguh, ia memiliki harapan besar untuk memberikan tempat tinggal yang minimal aman dan nyaman untuk ditempati, ia juga berharap semua anak-anaknya bisa mengenyam Pendidikan yang sesuai.

“Maka berlomba-lombalah kamu (dalam berbuat) kebaikan.” (QS Al-Baqarah ayat 148)

Melihat kondisi ini, Aksi Cepat Tanggap Tasikmalaya berniat hadirkan tempat tinggal yang layak untuk Ibu Enung dan Keluarga.

Yuk, bantu ringankan ujian mereka dengan bangun rumah untuk Ibu Enung melalui laman kebaikan ini!

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Bantu Perbaiki Rumah Pak Muhadi yang Rusak Karena Banjir
Icon Image

ACT Jakarta Pusat

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 2,056,286

30

Rp655,190

Terkumpul dari Rp10,000,000