back
home
Banner Detail
Bahagiakan Saudara di Sulawesi Tenggara dengan Zakat Mal mu, Yuk Segera Tunaikan!
Banner Content

Terkumpul

Rp0

dariRp30,000,000

0

Dermawan

140

Hari Tersisa

Act Logo 
Aksi Cepat Tanggap Kendari
Marker Primary 
Sulawesi Tenggara
 
|
 
Dibuat 23 Feb 2022
Zakat berasal dari bentuk kata "zaka" yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan.
Zakat berasal dari bentuk kata "zaka" yang berarti suci, baik, berkah, tumbuh, dan berkembang. Dinamakan zakat, karena di dalamnya terkandung harapan untuk memperoleh berkah, membersihkan jiwa dan memupuknya dengan berbagai kebaikan (Fikih Sunnah, Sayyid Sabiq: 5)



Makna tumbuh dalam arti zakat menunjukkan bahwa mengeluarkan zakat sebagai sebab adanya pertumbuhan dan perkembangan harta, pelaksanaan zakat itu mengakibatkan pahala menjadi banyak. Sedangkan makna suci menunjukkan bahwa zakat adalah mensucikan jiwa dari kejelekan, kebatilan dan pensuci dari dosa-dosa.

Dalam Al-Quran disebutkan, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka” (QS. at-Taubah [9]: 103)

Zakat merupakan salah satu pilar dari bangunan Islam yang disebut setelah syahadat dan shalat. Di dalam Alquran perintah zakat hampir selalu berbarengan dengan perintah shalat.

Tidak kurang dari 82 ayat Alquran menyebutkan hal tersebut. Di antaranya, Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat. (QS Al-Baqarah: 143). Mengingkari dan meninggalkan kewajiban zakat bagi orang Muslim yang mampu adalah suatu kemunkaran dan dosa besar.

Allah SWT memperingatkan dalam Alquran, Dan kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang mempersekutukan-Nya, (yaitu) orang-orang yang tidak menunaikan zakat dan mereka kafir akan adanya (kehidupan) akhirat. (Fushilat: 6-7)

Zakat dikeluarkan dari harta yang dimiliki. Akan tetapi, tidak semua harta terkena kewajiban zakat. Syarat dikenakannya zakat atas harta di antaranya:
  1. harta tersebut merupakan barang halal dan diperoleh dengan cara yang halal;
  2. harta tersebut dimiliki penuh oleh pemiliknya;
  3. harta tersebut merupakan harta yang dapat berkembang;
  4. harta tersebut mencapai nishab sesuai jenis hartanya;
  5. harta tersebut melewati haul; dan
  6. pemilik harta tidak memiliki hutang jangka pendek yang harus dilunasi.
Perhitungan Zakat Mal
Cara perhitungan zakat mal adalah menentukan terlebih dulu berapa besaran nisab atas hartanya. Adapun, besaran nisab sebesar 85 gram emas dengan pengeluaran zakat mal sebesar 2,5%. Berikut ini rumus perhitungan zakat mal.

Zakat Mal = 2,5 % x Jumlah harta selama satu tahun (haul)
Misalnya, Bapak Ali selama satu tahun memiliki harta kekayaan (emas/perak/uang) senilai Rp100 juta. Jika harga emas saat ini Rp971 ribu/gram, maka nishab zakat dan nominal pengeluaran zakat mal adalah sebesar…
Nisab = 85 gram emas x harga emas saat ini
= 85 gram emas x Rp971 ribu
= Rp82,53 juta
Dengan hasil nisab tersebut, maka bapak A wajib untuk membayarkan zakat mal. Karena harta kekayaannya dalam satu tahun telah melebihi nisabnya.
Zakat mal
= 2,5% x Rp100 juta
= Rp2,5 juta



Kewajiban zakat memiliki hikmah yang cukup besar baik yang terkait dengan harta, hubungan manusia dengan harta maupun hubungan manusia dengan manusia lainnya. Fungsi utama dari zakat adalah sebagai alat pembersih harta dan mensucikan jiwa orang yang mengeluarkan zakat. Harta yang diperoleh dan dimiliki oleh seseorang tidak selamanya bersih dari noda-noda maksiat.

Maka, untuk membersihakan harta tersebut dikeluarkanlah zakat. Begitu juga orang yang memiliki harta lebih mudah terserang penyakit kikir, bakhil, dan tamak. Penyakit-penyakit ini hanya bisa diobati dengan zakat.
InsyaAllah zakat kita bisa menjadi bantuan yang bermanfaat bagi keluarga fakir dan miskin di Sulawesi Tenggara khususnya di daerah-daerah yang masih tergolong tertinggal seperti di beberapa kecamatan di Kabupaten Bombana dan Konawe Kepulauan. Adapun jenis-jenis bantuan yang bisa mereka peroleh dari zakat mal ini adalah berupan bantuan bahan makanan pokok dan perlengkapan ibadah (seperti sarung, mukena, sajadah dan Al Qur'an) dengan harapan semoga kedua jenis bantuan tersebut dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan mereka kepada Allah SWT.

Yuk, tunaikan zakat mal mu agar harta menjadi bersih dan jiwa menjadi suci. Semoga Allah menerima amal ibadah kita, membersihkannya dan memberi keberkahan atas harta yang tersisa... Aamiin

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon
Rp0

Terkumpul dari Rp30,000,000