Bangun Kembali Masjid di Kubu Raya yang Roboh

40 Tahun berdiri sebagai masjid satu-satunya untuk 150 Kepala Keluarga di Pelosok Kalimantan Barat kini roboh. Melihat Kondisi ini Aksi Cepat Tanggap ingin mengajak sahabat dermawan untuk membangun kembali masjid Al-Hamdulillah

Simpan

Bangun Kembali Masjid di Kubu Raya yang Roboh

Target

Rp 0 Dari Rp 265,000,000

0%
0 Dermawan 235 hari tersisa

Bangun Kembali Masjid di Kubu Raya yang Roboh

Update : 24 Mar, 2021


Lokasi Masjid Al-Hamdulillah

Masjid Al-Hamdulillah Berada di:
  • Jalan Parit Jawi RT: 24/ RW: 08
  • Dusun Tiga Pembangunan
  • Desa Punggur Besar
  • Kecamatan Sungai Kakap
  • Kabupaten Kubu Raya
  • Provinsi Kalimantan Barat
Kronologi Robohnya Masjid Al-Hamdulillah
Pada tanggal 14 Maret 2020, jamaah Masjid sedangkan melaksanakan sholat isya secara berjamaah, saat sholat sedang berlangsung, terdengar bunyi retak pada bangunan masjid, sehingga sholat isya sempat batal karena jama’ah khawatir masjid akan roboh.

Selang beberapa waktu kemudian, sholat isya dilakukan kembali dan imam sholat mempercepat dan memilih surah yang pendek pada bacaan sholat.

Sekitar pukul 20.00 WIB. Setelah jama’ah selesai sholat isya dan sudah berada di Rumah, Masjid Al-Hamdulillah pun roboh. Syukurnya tidak ada korban pada saat robohnya Masjid.

Kondisi Masjid Al-Hamdulillah

Masjid Al-Hamdulillah Dibangun sejak tahun 1980. Renovasi pertama dilakukan pada Tahun 2000, Luas Masjid 8 × 10 m dengan Kapasitas Jama’ah ± 150 Jama’ah. Masjid terdekat dengan Masjid Al-Hamdulillah berjarak sekitar ± 2 km, namun akses jalannya susah dan kecil.

Faktor Penyebab Robohnya Masjid Al-Hamdulillah
Faktor penyebab robohnya Masjid Al-Hamdulillah dikarenakan Pondasi yang tidak kuat karena hanya menggunakan kayu balok ukuran 6 × 6 m dan usianya sudah puluhan tahun.

d41e8dd5d6c1837cf430f9b76b482f68.jpg

Usaha Masyarakat dalam Membangun Kembali Masjid Al-Hamdulilah
Dalam upaya membangun kembali Masjid Al-Hamdulillah, masyarakat melalukan penggalangan dana secara swadaya dan dikerjakan secara bergotong royong dan mandiri.

Kondisi terkini Masjid Al-Hamdulillah
Untuk sementara waktu, jama’ah masjid Al-Hamdulillah memanfaatkan selasar sayap kiri masjid yang masih tersisa untuk melaksanakan sholat berjama’ah. Bahkan saat kondisi Masjid Roboh, jama’ah tetap melaksanakan Peringatan Isra Mi’raj dengan kondisi seadaanya.

45cab6f3987149e584ec952183ae0352.jpg

Kondisi Masyarakat Sekitar Masjid Al-Hamdulillah
Jumlah KK di Sekitar Masjid Al-Hamdulillah yaitu ± 150 KK atau sekitar 500 Orang. Dan Mayoritas Penghasilan masyarakat diperoleh dari hasil berkebun, bertani dan buruh bangunan.

Kebutuhan pembangunan Masjid Al-Hamdulillah menjadi mendesak dan utama untuk dilakukan, karena mayoritas masyarakat sekitar Masjid Al-Hamdulillah beragama Islam. Sehingga pembangunan Masjid dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dengan melakukan penggalangan dana. Namun karena keterbatasan biaya yang terkumpul, sehingga pembangunan Masjid ini belum dapat dilanjutkan dengan maksimal.

Kebutuhan Pembangunan Masjid
-Pembangunan Fisik Masjid
-Renovasi Tempat Wudhu
-Alat Pendingin (Kipas Angin)
-Audio System (Mic, Amplifier, Pengeras Suara)
-Karpet Sholat (Sajadah Panjang)
-Gorden untuk hijab tempat sholat laki-laki dan perempuan
-Mukena dan Sarung Baru
-Mushaf Al-Qur’an, IQRA dll
-Lemari Mukena dan Rak Mushaf

Mari Beramal Jariyah
Mari bersama kita bangun kembali Masjid Al-Hamdulillah, Masjid impian warga agar cepat terbangun dan dapat dimanfaatkan warga untuk beribadah kembali dengan aman dan nyaman. Semoga menjadi amal jariyah bagi para sahabat dermawan.

“Barangsiapa membangun masjid karena Allah, kecil atau besar, maka Allah membangun baginya rumah di surga”. (HR al-Tirmidzi).

Yuk, Sahabat bantu warga Dusun Tiga Pembangunan untuk Membangun kembali Masjid Al-Hamdulillah

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

Tidak ada hasil ditemukan
Tidak ada hasil ditemukan
Sedekah Sekarang