back
home
Banner Detail
Muliakan Ratusan Yatim Prasejahtera, Rawat dan Penuhi Kebutuhan Pangan Mereka
Banner Content

Terkumpul

Rp6,047,824

dariRp30,000,000

57

Dermawan

113

Hari Tersisa

Act Logo 
Yayasan At-Taubah
Marker Primary 
Kota Bekasi
 
|
 
Dibuat 27 May 2022
Yayasan At-Taubah merawat anak yatim, piatu, dan prasejahtera dengan memberi kesempatan kepada mereka untuk menimba ilmu agama dan pendidikan umum secara gratis serta memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari
Seragam sekolah yang melekat pada siswa SMA Islam Daruttaubah bukan hanya sekadar pakaian semata, namun seragam tersebut menyimpan sebuah harapan untuk meraih kehidupan yang lebih baik di masa depan. Pasalnya, seluruh siswa yang menimba ilmu di tempat pendidikan ini merupakan anak-anak yatim, piatu, dan berasal dari keluarga prasejahtera.

Di sekolah ini mereka mengenyam pendidikan secara cuma-cuma, tanpa pungutan biaya apa pun, baik berupa sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) bulanan, uang gedung, serta biaya ujian semester. Bahkan, para siswa mendapat fasilitas asrama/pondok untuk bermukim dan makan sehari-hari.



SMA Islam Daruttaubah adalah salah satu sekolah di bawah Yayasan Masjid At-Taubah Harapan Jaya, Kota Bekasi. Yayasan ini pun mendirikan berbagai jenjang lembaga pendidikan, seperti SMP IT Daruttaubah, Pondok Pesantren Daruttaubah, dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah.

Bapak Djoni Sartono selaku ketua umum yayasan, menyampaikan bahwa semua sekolah tersebut seutuhnya gratis untuk kaum papa. Beliau berharap dapat memberikan kesempatan kepada anak-anak yang kurang beruntung untuk mendapat pendidikan yang layak.

Saat ini seluruh siswa berjumlah 235 orang, berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, terjauh dari Nusa Tenggara Timur. Mereka tinggal bersama di asrama sembari mengikuti kegiatan pesantren setiap sore atau selepas sekolah.

Tentu dengan anak sebanyak itu, pihak yayasan perlu menyediakan makanan pokok yang tidak sedikit. Menurut Pak Djoni memerlukan biaya hingga puluhan juta setiap bulannya untuk membeli beras dan lauk-pauk.

“Percaya dan yakin pada Allah,” ungkap pria berusia 70 tahun ini saat tim Indonesia Dermawan menanyakan soal sumber dana.


Lalu beliau mengaku, selama ini seluruh biaya berasal dari orang-orang yang dermawan. Mereka memberikan sumbangan berupa materi maupun barang-barang keperluan sekolah. Namun, itu pun tak menentu.

Kesungguhan Pak Djoni dalam memuliakan anak-anak prasejahtera ini tidak hanya sebatas memberikan pendidikan hingga lulus dari seragam putih abu-abu saja. Beliau pun melalui yayasan membiaya murid berprestasi untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi.

Salah satu siswa berprestasi tersebut adalah Kuntoro. Seorang anak asal Tegal ini berhasil lulus di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dengan biaya ditanggung oleh pihak yayasan. Saat ini ia sedang menunggu jadwal keberangkatan kerja sebagai pelayar. Kuntoro merupakan anak dari seorang bapak buruh tani dan ibu rumah tangga, ia sangat bahagia dapat memberi kebanggaan pada orang tua.

Kisah lain hadir dari seorang anak yatim, Agung. Sejak bapak meninggal, kehidupan keluarga ditanggung oleh sang ibu yang bekerja sebagai penjual soto. Kini, ia pun berhasil meraih gelar sarjana dan bekerja. Keberhasilannya membawa secercah harapan baru untuk keluarga.

Pak Djoni menuturkan, mereka yang meraih kesuksenan belajar maupun bekerja tak lantas menghilang begitu saja. Akan tetapi mereka senantiasa membantu adik-adik di sekolah untuk meraih kesempatan yang sama dengan menyisihkan sebagian kecil gajinya untuk bekal adik-adiknya di yayasan.



"Barang siapa melapangkan kesempitan seorang mukmin di dunia, maka Allah akan melapangkan baginya kesusahan di hari kiamat, dan barang siapa memudahkan kesukaran seseorang, maka Allah akan memudahkan baginya di dunia dan akhirat.'' (HR Muslim)

Sahabat, mari bersama-sama bantu perjuangan Yayasan Masjid At-Taubah Harapan Jaya dalam memelihara anak-anak yatim, piatu, dan prasejahtera, agar mereka mendapat pendidikan yang layak serta kehidupan lebih baik. InsyaAllah yayasan di kawasan Bekasi ini akan mendistribusikan bantuan dari sahabat untuk kebutuhan pangan sehari-hari para siswa.

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Bersama LAZ Jakarta Amanah, Ayo Hadirkan Iqro dan Al-Qur'an untuk 1000 Anak Yatim Prasejahtera
Icon Image

LAZ Jakarta Amanah

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 2,391,341

113

Rp6,047,824

Terkumpul dari Rp30,000,000