back
home
Banner Detail
Bantu Santri Ponpes Jawahirul Rifa Miliki Sumber Air Bersih untuk Bersuci
Banner Content

Terkumpul

Rp9,528,620

dariRp30,000,000

172

Dermawan

22

Hari Tersisa

Act Logo 
LKS Amanah
Marker Primary 
Pesawaran, Lampung
 
|
 
Dibuat 30 May 2022
Tidak memiliki MCK sehingga masih menggunakan sumur galian dari tanah resapan yang bahkan dekat saluran irigasi tempat mereka BAB dan BAK. Ayo hadirkan air bersih untuk santri Ponpes Jawahirul Rifa.
Sahabat, air merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi. Banyak aktivitas sehari-hari yang menggunakan air seperti untuk wudhu, minum, mandi, dan masih banyak lagi. Namun ternyata masih banyak ponpes di sekitar kita yang sulit untuk mendapatkan air bersih.

Salah satu ponpes yang saat ini kondisinya memang sulit mengakses air bersih adalah Pondok Pesantren Jawahirul Rifa Assalafiyah. Letaknya berada di Desa Pekon Jambu, Provinsi Lampung. Santri di sana mayoritasnya dari kalangan masyarakat prasejahtera.



Ponpes dengan jumlah kurang lebih ada 50 santri ini, kondisinya sangat memprihantikan karena belum memiliki MCK. Untuk kebutuhan air, mereka masih menggunakan sumur galian dari tanah resapan yang bahkan dekat saluran irigasi tempat mereka BAB dan BAK.

Tak ada saluran air dan MCK membuat para santri di Ponpes Jawahirul Rifa terpaksa harus mandi di sungai. Sedangkan untuk berwudhu ataupun bersuci mereka menggunakan sumur galian yang sedikit tercemar dan airnya pun keruh dan berbau.



Tidak banyak yang bisa pengurus berikan, selain untuk membiayai kebutuhan ponpes. Santri di sini pun sama sekali tak dipungut biaya, sehingga untuk membangun mck dan pengadaan sumber air bersih pengurus belum mampu.

Sejak berdiri pada tahun 2015 silam, hingga sekarang menuju 7 tahun, ponpes ini masih belum memiliki sumber air bersih dan mck untuk kebutuhan mandi, mencuci, dan bersuci para santri.

"Wahai Sahabatku, siapa saja di antara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat menyumbangkan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat
surga-Nya Allah Ta'ala." (HR.Muslim)



Insyaallah melalui program ini Tim Amanah Lampung akan melaksanakan kegiatan pengadaan sumur wakaf dan pembuatan mck untuk para santri di Ponpes Jawahirul Rifa Assalafiyah. Semoga bantuan dari Sahabat Dermawan dapat membantu perjuangan para santri yang sedang belajar agama dan bisa menjadi amal jariyah untuk teman-teman sekalian.

Mari bersama kita bantu pengadaan sumur wakaf dan MCK untuk para santri di Ponpes Jawahirul Rifa Assalafiyah. Kamu bisa ikut berwakaf melalui laman aksi kebaikan ini ya!

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Bersama LAZ Masjid Raya Bintaro Raya, Bantu Santri Dapatkan Qur’an Layak
Icon Image

Masjid Raya Bintaro Jaya

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 8,041,083

52

Rp9,528,620

Terkumpul dari Rp30,000,000