back
home
Banner Detail
Hanya Makan Nasi Tanpa Lauk, Yuk Salurkan Paket Pangan Untuk Para Lansia di Garut
Banner Content

Terkumpul

Rp182,345

dariRp23,000,000

6

Dermawan

66

Hari Tersisa

Act Logo 
ACT Garut
Marker Primary 
Garut, Jawa Barat
 
|
 
Dibuat 23 Jun 2022
Banyak lansia di Kabupaten Garut harus hidup sebatang kara dengan asupan gizi yang minim, bahkan ada yang sulit mendapatkan nasi untuk makan sehari-hari . Yuk bersama ACT Garut kita hadirkan paket pangan yang bergizi bagi lansia di Garut.
Makan dengan menu yang enak dan sehat sudah menjadinimpian para lansia di Garut. Di tengah usia mereka yang sudah sepuh, banyak lansia di Garut harus bertahan hidup dengan makan seadanya. Mereka bahkan harus bergantung pada pemberian dan belas kasih dari orang lain.

Sebagian dari mereka bahkan masih harus bekerja demi mendapatkan sesuap nasi. Mereka berjualan di pinggir-pinggir jalan sembari berjalan tertatih menahan panas tanpa alas kaki.



Hal ini dialami oleh Mak Iyom (70), lansia asal Kecamatan Samarang, Garut, yang harus berjualan makaroni dengan cara berjalan kaki keliling desa untuk mendapatkan uang makan.

Setiap harinya, Mak Iyom mengisi tenaga di rumah dengan makanan seadanya. Terkadang hanya nasi putih tanpa lauk. Jika beruntung, sesekali Mak Iyom bisa makan dengan tambahan sayur, itupun didapat dari hasil dari pemberian tetangganya. Hasil dari berjualan kerupuk makaroni hanya cukup untuk membeli beras saja.



Sementara itu, Mak Edah (84) harus hidup bersama anaknya yang tuna rungu dan wicara. Di usia senja-nya, Mak Edah sudah tidak bisa melihat dan berjalan. Ia hanya bisa tertidur di rumah dan menunggu anaknya pulang dari sawah.



Mak Edah harus disuapi oleh anaknya setiap kali makan. Sejak kehilangan penglihatan dan kemampuan fisik yang menurun, Mak Edah harus sepenuhnya bergantung pada anaknya.

Setiap harinya, Mak Edah hanya mengonsumsi nasi putih tanpa lauk. Meski demikian, Mak Edah tetap bersyukur meskipun dengan apa yang ia dapati di piring nasinya.



Mak Edah dan Mak Iyom hanya salah-dua dari ribuan lansia lainnya bernasib serupa di Kabupaten Garut. Mereka memerlukan perhatian dari semua pihak agar dapat beristirahat dengan nyaman di hari tuanya.

"Barangsiapa yang memberi makan kepada seorang mukmin hingga membuatnya kenyang dari rasa lapar, maka Allah akan memasukkannya ke dalam salah satu pintu surga yang tidak dimasuki oleh orang lain." (HR. Thabrani)

Insya Allah tim Aksi Cepat Tanggap Kabupaten Garut sedang berikhtiar untuk menyediakan paket pangan bergizi bagi para lansia seperti Mak Edah dan Mak Iyom. Semoga dengan adanya inisiatif ini bisa meringankan sedikit dari beban hidup para lansia di hari tua mereka.

Bismillah, Sahabat Dermawan, yuk bantu hadirkan paket pangan yang bergizi bagi lansia yang membutuhkan dengan bersedekah melalui laman ini!

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Sedekah Makan Gratis
Icon Image

Aksi Cepat Tanggap

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 81,272,553

188

Rp182,345

Terkumpul dari Rp23,000,000