back
home
Banner Detail
Jutaan Saudara Afrika Hadapi Kelaparan Ekstrem, Bersama WAN Kirim Qurban Terbaikmu!
Banner Content

Terkumpul

Rp0

dariRp50,000,000

0

Dermawan

14

Hari Tersisa

Act Logo 
Wujud Aksi Nyata
Marker Primary 
Afrika
 
|
 
Dibuat 23 Jun 2022
13 juta rakyat Afrika tengah menghadapi kelaparan ekstrem. Bersama Wujud Aksi Nyata (WAN) mari manfaatkan momen Iduladha untuk kirimkan qurban terbaik bagi mereka!
Program Pangan Dunia (WFP) menyatakan sebanyak 13 juta orang di wilayah Tanduk Afrika menghadapi kelaparan parah. Tiga musim hujan yang gagal telah menciptakan kondisi terkering di Afrika sejak 1980-an, dengan prakiraan curah hujan di bawah rata-rata akan meningkatkan penderitaan dalam beberapa bulan mendatang.

Kondisi kekeringan dan kelaparan ini menjadi yang terparah dalam 40 tahun terakhir. Tak khayal, pemandangan perut-perut mengecil namun terlihat tulang untuk orang dewasa, atau perut membuncit tanda busung lapar bagi anak-anak, menjadi pemandangan yang umum terlihat di Afrika.


(Foto: Reuters)

Kondisi kekeringan ini selain menyebabkan kelaparan ekstrem juga menyebabkan pertanian dan peternakan di Afrika tidak berjalan sebagaimana mestinya. Air harus dihemat untuk manusia dan hewan ternak. Hal itu mengakibatkan banyak hewan ternak mengalami kehausan hingga mati dan ladang pertanian yang kering kerontang tak menghasilkan apapun.

5.5 Juta anak di 4 negara di Afrika terancam mengalami gizi buruk akut. Sementara itu UNICEF memperingatkan akan banyak anak meninggal dunia serta setidaknya menderita kerusakan kognitif atau fisik seumur hidup, tanpa tindakan yang cepat untuk menghindari kelaparan.



Inilah kondisi Afrika saat ini, namun tahukah kamu bagaimana peran besar Afrika dalam perkembangan Islam?

Jika kita kilas balik ke zaman Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam, sungguh tanah Afrika dan rakyatnya amat memiliki peran penting dalam perkembangan Islam di benua tersebut bahkan dunia. Islam datang pertama kali ke Afrika pada saat hijrahnya orang Islam dari Mekkah ke Habasyah atau Abisina (Ethiopia) pada tahun 615. Raja Ashamah, yang saat itu menguasai Habasyah, memeluk Islam setelah kedatangan orang Muslim dari Mekkah. Setelah itu, Islam terus berkembang dan menjadi agama bagi beberapa masyarakat di negara-negara Afrika.



Sahabat, begitu besar peran rakyat Afrika bagi perkembangan Islam di dunia, karena rakyat Afrika, Islam menjadi agama yang kuat dengan pengikut yang besar. Dan kini, Saudara kita sedang diuji dengan ujian yang besar, yaitu dengan kelangkaan pangan, dengan sumber utama kehidupan (air).

Di hari penuh kebahagiaan, Hari Raya Idul Adha 1443H nantinya, Bersama Wujud Aksi Nyata (WAN), mari kita berbagi kebahagiaan untuk saudara kita di Afrika. Kita niatkan Qurban kita untuk saudara kita di sana agar mereka dapat menikmati lezatnya daging-daging yang dikirimkan oleh saudara seiman dari negeri jauh, Indonesia.



Kita tunjukkan ukhuwah Islamiyah dari negara muslim terbesar di dunia. Kita tunjukkan bantuan nyata, bantuan terhebat seperti yang mereka lakukan dulu pada zaman Rasulullah menyebarkan agama Islam.

Bismillah, bersama Wujud Aksi Nyata mari kirimkan qurban terbaikmu untuk saudara di Afrika!

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Bahagiakan Saudara Palestina di Hari Raya Iduladha, Kirimkan Qurban Terbaik Kita!
Icon Image

Global Qurban

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 45,000,060

13