back
home
Banner Detail
Lansia Disabilitas, Bantu Nenek Kunah Hidup Lebih Layak
Banner Content

Terkumpul

Rp335,054

dariRp30,000,000

15

Dermawan

58

Hari Tersisa

Act Logo 
ACT Kuningan
Marker Primary 
kuningan, Jawa Barat
 
|
 
Dibuat 23 Jun 2022
Lansia sebatangkara dan dimasa tuanya masih terus berjuang untuk bertahan hidup. Beliau tinggal di rumah yang sangat sederhana tanpa toilet. Ayo bantu kehidupan Nenek Kunah agar lebih layak.
Siapa yang tidak mendambakan kehidupan masa tuanya nyaman dan layak? Tentunya semua orang menginginkannya begitu pula dengan Nenek Kunah. Namun sayangnya beliau tidak dapat merasakan hal tersebut saat ini.

Sahabat Dermawan, perkenalkan ini Nenek Kunah dari Kuningan Jawa Barat. Saat usianya 20 tahun, beliau terlindas kereta api dan menyebabkan kaki dan tangannya patah. Sejak saat itu, Ia menjalani hari-harinya dengan tongkat untuk berjalan dan beraktivitas.



Dengan segala keterbatasan, selama puluhan tahun Nenek Kunah menjalankan aktivitas hanya dengan menggunakan satu tangan dan satu kaki. Walaupun fisiknya terbatas, beliau tetap gigih mencari biji melinjo yang nantinya ia olah sendiri demi bertahan hidup.

“Emak mencari melinjo di kebun (melinjo) orang, menngambil biji-biji melinjo yang jatuh, kemudian emak olah sendiri dengan alat seadanya.” lanjut Nek Kunah

Miris memang, dimasa tuanya Nek Kunah yang sebatangkara masih harus terus berjuang keras. Ia pun tinggal di rumah seadanya tanpa toilet. Banyak dinding rapuh dan atap bocor di mana-mana. Untuk buang air besar, lansia ini harus keluar rumah dan berjalan sangat jauh. Tak terbayang jika itu dilakukan saat malam dan hujan.



Diusia senjanya, fisik Nek Kunah semakin melemah. Kesehatannya mulai tidak stabil. Ia juga sering merasakan sakit kaki dan tangan akibat kaku menggunakan tongkat seadanya itu. Pekerjaan serabutannya sebagai pembuat emping melinjo tak bisa diandalkan.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat...." (HR.Muslim)



Tentunya melihat kondisi ini Tim ACT Kuningan tidak tinggal diam, insyaAllah kami berikhtiar memberikan bantuan biaya hidup serta pangan setiap bulannya untuk Nenek Kunah. Jika memungkinkan, nantinya juga akan kami memperbaiki rumahnya dengan membangun toilet.

Yuk bantu Nenek Kunah hidup lebih layak dan terus semangat dimasa tuanya dengan sedekah terbaikmu.

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Bantu Pejuang Dakwah Renovasi Rumah yang Tak Layak
Icon Image

Aksi Cepat Tanggap

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 4,297,058

188

Rp335,054

Terkumpul dari Rp30,000,000