back
home
Banner Detail
Bantu Anak Desa Banyuresmi Bangun Sekolah Impian dengan Salurkan Sedekahmu!
Banner Content

Terkumpul

Rp1,372,813

dariRp30,000,000

44

Dermawan

113

Hari Tersisa

Act Logo 
Ruang Kita Mengabdi
Marker Primary 
Dusun Banjaran, Jawa Barat
 
|
 
Dibuat 29 Jun 2022
SMP Bina Juara menjadi harapan anak Desa Banyuresmi dalam meraih mimpi besar mereka. Hadirnya sekolah layak telah lama dinantikan agar mereka bisa belajar dengan aman dan nyaman. Bersama tim Kita Mengabdi mari dirikan sekolah untuk mereka di sana!
"Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah SWT akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR Muslim)

SMP Bina Juara berlokasi di Dusun Banjaran, Desa Banyuresmi Kec. Sukasari Kab. Sumedang. Sekolah ini berdiri sejak tahun 2010 dengan di latar belakangi oleh adanya keresahan masyarakat desa Banyuresmi yang bingung harus menyekolahkan anaknya kemana pasca selesai menempuh pendidikan sekolah dasar.

Dulunya di desa ini tidak tersedia sarana pendidikan selain sekolah dasar. Jika pun ada anak-anak harus menempuh jarak yang cukup jauh ketika hendak sekolah ke luar desa dan tentunya mesti mengeluarkan ongkos yang tidak sedikit. Sekolah ini berdiri di atas lahan bangunan pasar desa yang tidak lagi terpakai. Masyarakat berinisiatif dan saling bahu membahu untuk membangun fasilitas sekolah yang layak.



Setelah pembangunan tersebut, sekolah ini belum pernah mengalami perbaikan menyeluruh. Padahal setiap tahunnya puluhan anak terselamatkan pendidikannya hingga jenjang SMP di kala banyak anak desa berusia remaja memutuskan untuk berhenti sekolah kemudian memilih bekerja atau menikah. SMP Bina Juara menjadi harapan anak-anak Desa Banyuresmi dalam meraih mimpi-mimpi besar mereka karena dengan kondisi ekonomi yang terbatas, orangtua mereka tidak mampu menyekolahkan di tempat yang lain.

Mayoritas orangtua siswa bekerja sebagai buruh tani sayuran, tembakau dan kopi. Gaji yang diterima setiap harinya pun tidak menentu dan sebagian diantara mereka bekerja hanya bila ada panggilan sebagai buruh. Dengan keterbatasan ekonomi yang dihadapi keluarga, beberapa siswa turut serta ke ladang untuk membantu orangtua. Seringkali kami temui kondisi siswa tidak hadir ke sekolah sebab mereka harus membantu ketika musim panen tiba.



Kisah lainnya yaitu ada pula siswa yang sering terlambat masuk sekolah sebab di pagi hari harus ke hutan mencari kayu bakar dan mengumpulkan rerumputan untuk makan hewan ternak. Begitulah singkat cerita perjuangan anak-anak petani di desa Banyuresmi agar tetap dapat mengeyam pendidikan di tengah kendala ekonomi yang mereka temui.

Guru dan siswa sering khawatir melihat bangunan sekolah yang semakin hari semakin tak berdaya. Kayu-kayu sudah lapuk, sangat rawan patah bahkan ambruk. Belum lagi konsentrasi belajar anak seringkali terganggu akibat dinding bersekat kayu tipis antar ruangan membuat suara bising dari kelas lain terdengar keras saat kegiatan belajar mengajar dilakukan.



Saat ini hadirnya sekolah impian menjadi kebutuhan utama yang telah dinanti-nantikan oleh para siswa dan pengajar SMP Bina Juara. InsyaAllah melalui campaign ini tim Kita Mengabdi ingin mengusahakan dalam membantu pendirian sekolah impian bagi anak-anak desa Banyuresmi sekaligus melengkapi fasilitas belajar yang memadai bagi mereka.

Sahabat, dalam kondisi fasilitas terbatas, para siswa tidak pernah surut dalam menuntut ilmu. Terlepas dari berbagai pengaruh lingkungan, hambatan dan tuntutan untuk mencari pekerjaan, anak-anak Desa Banyuresmi berusaha memaksimalkan setiap kesempatan yang mereka miliki dengan sebaik-baiknya. #Orangbaik jangan biarkan mereka kehilangan masa depan akibat tak memiliki tempat belajar.

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Bersama LAZ Jakarta Amanah, Ayo Hadirkan Iqro dan Al-Qur'an untuk 1000 Anak Yatim Prasejahtera
Icon Image

LAZ Jakarta Amanah

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 2,366,341

113

Rp1,372,813

Terkumpul dari Rp30,000,000