back
home
Banner Detail
Rutinkan Sedekah Subuh, Mengawali Hari dengan Ikhtiar Meraih Berkah
Banner Content

Terkumpul

Rp8,695,778

dariRp30,000,000

302

Dermawan

144

Hari Tersisa

Act Logo 
Indonesia Dermawan
Marker Primary 
Indonesia
 
|
 
Dibuat 21 Jul 2022
Rutin sedekah subuh dalam mengawali hari, sebagai ikhtiar untuk meraih berkah, bersama Indonesia Dermawan.
Subuh merupakan waktu yang istimewa, di mana pada waktu tersebut cahaya fajar di langit sebelah timur mulai mengiringi matahari terbit dan mengganti gelap malam, membangunkan setiap orang yang terlelap untuk memulai hari.

Dalam Al-quran, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman secara khusus mengenai waktu subuh ini, di antaranya terdapat pada surah At-Takwir ayat 18, "Dan demi subuh apabila fajarnya mulai menyingsing."

Ketika Allah subhanahu wa ta'ala menyebutkan waktu secara khusus, maka hal itu memiliki kedudukan yang sangat penting. Sehingga seorang muslim dianjurkan untuk memperbanyak aktivitas maupun amalan pada waktu tersebut, agar dapat menambah keberkahan, salah satunya dengan rutin bersedekah subuh.



Keutamaan Sedekah Subuh

Ketika seseorang mengerjakan amal kebaikan seperti sedekah subuh, maka ia akan mendapatkan ganjaran yang setimpal dan berbagai keutamaan yang istimewa. Berikut ini adalah 6 keutamaan bersedekah subuh:

1. Malaikat senantiasa mendoakan

Malaikat akan senantiasa mendoakan setiap orang yang mengerjakan sedekah subuh, sebagaimana terdapat dalam sebuah hadits, "Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, 'Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak', sedangkan yang satunya lagi berdoa, 'Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya." - (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Mendapat kebaikan yang berlipat

Dalam surah Al-Baqarah ayat 261, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui."

Inilah janji Allah subhanahu wa ta'ala, bahwa ketika seseorang bersedekah yaitu mengeluarkan harta di jalan-Nya, sejatinya harta itu tidak akan berkurang, melainkan Allah subhanahu wa ta'ala akan membalasnya dengan kebaikan yang berlipat. Maka, sedekah saat subuh menjadi cara hebat dalam mengawali hari untuk mengundang berbagai kebaikan.

3. Doa lebih mudah terkabul

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam sebuah hadits menyampaikan bahwa membantu sesama bisa mempercepat terkabulnya doa, "Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi (menyelesaikan) kesulitan orang lain." - (HR. Ahmad)

Inilah pesan dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, salah satu tips agar doa segera dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Maka sedekah subuh bisa menjadi cara dahsyat untuk mengawali hari dengan harapan-harapan yang baru.



4. Sebagai penghapus dosa

Selain dari meminta ampun dan bertobat, fadilat sedekah subuh dapat menghapus dosa-dosa yang kita lakukan dan menjauhkan dari api neraka. Sebagaimana dalam hadits, "Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api." - (HR. At-Tirmidzi)

5. Sebagai pembuka pintu rezeki

Sedekah subuh merupakan salah satu pembuka pintu rezeki yang Allah subhanahu wa ta'ala sampaikan dalam Al-Qur'an, "Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya." - (Qs. Saba': 39)

Maka mulailah hari dengan menanamkan niat dalam hati untuk mengerjakan amal terbaik ini, agar Allah subhanahu wa ta'ala selalu memudahkan segala urusan dan melapangkan rezeki.

6. Mendapat keberkahan harta

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya." (HR. Muslim)

Selain mendapat ganjaran ketika mengerjakan sedekah subuh, masih banyak pula keberkahan lain yang Allah subhanahu wa ta'ala berikan, salah satunya keberkahan harta.



Mengawali Hari dengan Rutin Sedekah Subuh

Sahabat, saat ini untuk mulai merutinkan sedekah subuh, sangatlah mudah. Sedekah subuh dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengisi kotak amal selepas shalat subuh, atau memberikan sarapan kepada orang-orang yang membutuhkan sebelum matahari terbit. Bahkan sedekah subuh ini dapat dilakukan secara online melalui platform donasi yang amanah, seperti pada halaman ini.

Dengan bersedekah melalui Indonesia Dermawan, sedekah subuh sahabat dapat dikelola menjadi bantuan pangan untuk masyarakat prasejahtera, bantuan medis untuk mereka yang sakit, bantuan modal usaha bagi pelaku usaha kecil yang bangkrut, bantuan logistik untuk korban bencana, dan bantuan-bantuan lain yang Insyaa Allah bermanfaat bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Maka itu, kami hendak mengajak Sahabat untuk merutinkan sedekah subuh. Mari awali hari dengan sedekah subuh. Sebab Allah subhanahu wa ta'ala mencintai amalan kita yang rutin. Seperti terkandung dalam sebuah hadits, "Amalan yang paling dicintai oleh Allah ta'ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit." - (HR. Muslim).

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Bersama LAZ Jakarta Amanah, Ayo Hadirkan Iqro dan Al-Qur'an untuk 1000 Anak Yatim Prasejahtera
Icon Image

LAZ Jakarta Amanah

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 2,391,341

113

Rp8,695,778

Terkumpul dari Rp30,000,000