back
home
Banner Detail
Masih Banyak Nelayan yang Hidup Sulit, Sejahterakan Mereka dengan Sedekahmu
Banner Content

Terkumpul

Rp170,011

dariRp30,000,000

9

Dermawan

144

Hari Tersisa

Act Logo 
Indonesia Dermawan
Marker Primary 
Indonesia
 
|
 
Dibuat 21 Jul 2022
Sebagian besar wilayah Indonesia adalah perairan, namun menyesakkan sekali tatkala fakta di lapangan kehidupan nelayan negeri ini masih jauh dari kata sejahtera. Sahabat, mari kuatkan para nelayan dengan sedekah terbaikmu!
Sahabat, Indonesia adalah negara maritim yang luas wilayahnya sebagian besar adalah perairan, akan tetapi pilu sekali bahwa ternyata nelayan kita masih kesulitan dan hidup dalam himpitan kemiskinan.

Menurut catatan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), penurunan jumlah nelayan di Indonesia didorong oleh dua hal, yaitu krisis iklim dan ekspansi industri ekstraktif di wilayah pesisir, laut, dan pulau-pulau kecil.

Menurut data Statistik Sumber Daya Laut dan Pesisir tahun 2021, pada tahun 2010 jumlah nelayan tercatat sebanyak 2.16 juta orang. Namun pada tahun 2019 lalu, jumlahnya tercatat hanya 1.83 juta orang. Dengan demikian, terdapat penurunan jumlah nelayan sebanyak 330.000 orang dalam sepanjang tahun 2010–2019.

Salah satu penyebab penurunan jumlah nelayan dari tahun ke tahun adalah karena pendapatan profesi nelayan tidak menjanjikan untuk sebagian besar nelayan, kebutuhan hidup yang banyak membuat mereka harus beralih profesi.


(Sumber foto: Canva)

Bung Karno pernah bilang, "Nelayan merupakan bagian penting dari soko guru revolusi. Dimana nelayan harus bisa berdiri di atas kaki sendiri, sebagai tulang punggung perekonomian maritim."

Sudah bertahun-tahun profesi nelayan eksis di Indonesia, namun sayangnya hari ini masih banyak sekali ditemukan nelayan di negeri yang hidupnya jauh dari kata sejahtera. Problematika yang itu-itu saja masih harus mereka hadapi. Seperti kurangnya modal untuk melaut, kapal yang sangat sederhana, peralatan tangkap yang terbatas, hingga nelayan yang kesulitan mendapat akses pembelian BBM. Miris sekali, Sahabat :(

Parahnya lagi, banyak nelayan yang harus meregang nyawa akibat nekat melaut, karena himpitan ekonomi. Karena jika tak melaut di kala cuaca curuk yang berlangsung lama, mereka tak bisa makan.

Belum lagi masalah lain seperti yang dilansir oleh berita Republika.com, "Maraknya penambangan di wilayah perairan, hal ini menyebabkan lebih dari 35 ribu keluarga nelayan di Indonesia kehilangan ruang hidupnya. Selain itu, sebanyak 6.081 desa pesisir kawasan perairannya telah tercemari limbah pertambangan."


(Sumber foto: Ardiansyah)

Sangat miris mengetahui kondisi nelayan kita hari ini, maka sudah seharusnya kita perhatikan nasib nelayan Indonesia dan keluarganya. Sinergi kebaikan dari Sahabat Dermawan sangat dinantikan oleh saudara-saudara nelayan yang masih berjuang bertahan hidup.

Untuk itu, bersama Indonesia Dermawan, mari nyalakan kepedulian kita untuk para nelayan yang siang-malam melaut tak kenal lelah demi bisa menafkahi keluarganya. Kebaikan yang kau berikan untuk nelayan, akan memberi mereka harapan bahwa nasib nelayan di Indonesia bisa bangkit dan sejahtera.


(Sumber foto: Canva)

Sedekah yang kita berikan untuk nelayan Indonesia, Insya Allah akan disalurkan berupa bantuan biaya hidup, bantuan modal usaha, bantuan paket pangan, biaya untuk renovasi kapal, biaya untuk memenuhi peralatan tangkap.

Sahabat, mari bersama kuatkan nelayan Indonesia dengan sedekah terbaikmu melalui laman aksi ini...

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Gerak Bareng Relawan, Kenyangkan Saudara Lewat Operasi Orang Lapar
Icon Image

Masyarakat Relawan Indonesia

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 18,881,470

234

Rp170,011

Terkumpul dari Rp30,000,000