back
home
Banner Detail
Gapai Keistimewaan Hari Mulia dengan Sedekah Jumat
Banner Content

Terkumpul

Rp1,728,107

dariRp30,000,000

50

Dermawan

144

Hari Tersisa

Act Logo 
Indonesia Dermawan
Marker Primary 
Indonesia
 
|
 
Dibuat 22 Jul 2022
Jadikan dirimu pribadi istimewa dengan menunaikan sedekah Jumat, di hari mulia. Yuk, tunaikan sedekah Jumatmu sekarang juga, dan raih segala keistimewaannya!
Sahabat, tahukah kamu jika Jumat adalah hari mulia yang menyimpan keberkahan dan keistimewaan?

Di antaranya adalah hari di mana nabi Adam alaihissalam diciptakan. "Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat." - (H.R Muslim).

Selain itu, hari Jumat juga merupakan hari suci bagi umat Muslim. Sebagaimana firman Allah subhanahu wa ta'ala dalam surah Al-Jumu'ah ayat 9, yang artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli."

Keistimewaan hari Jumat selanjutnya adalah dilipatgandakannya pahala. "Amal-amal kebaikan itu akan berlipat ganda (pahalanya) pada hari Jumat," - (HR. At Thabrani).



Apa itu sedekah Jumat?

Sebagaimana keutamaan melakukan amal-amal baik di hari Jumat seperti yang disampaikan dalam hadits di atas, Sedekah Jumat adalah sedekah yang kita tunaikan pada hari penuh keistimewaan tersebut, dengan hati tulus demi meraih ridho Allah subhanahu wa ta'ala.

Manfaat sedekah Jumat?

Hari Jumat tak hanya menjadi hari yang istimewa dari hari-hari lainnya, tapi juga membawa keistimewaan bagi siapapun yang bersedekah di hari ini. Karena Allah subhanahu wa ta'ala menjanjikan pahala berlipat ganda kepada siapapun yang bersedekah di hari Jumat.


(Foto: Shutterstock)

Apa saja keutamaan sedekah Jumat?

Sahabat, berikut adalah keutamaan sedekah Jumat yang InsyaAllah dapat menjadi penyemangat kita untuk mengejar keberkahan:

1. Akan mendekatkan kita kepada Al-Razzaq, Dzat Pemberi Rezeki. Dekat dengan Allah subhanahu wa ta'ala akan menjamin terjaganya rezeki kita, begitupun sebaliknya (Qs. At-Taubah: 99).

2. Orang yang berinfak dan sedekah di jalan Allah subhanahu wa ta'ala akan dilipatgandakan balasan, dibaratkan 700 kali lipat (Qs. Al-Baqarah: 261).

3. Harta itu tidak kekal, tetapi harta yang kita keluarkan untuk Allah subhanahu wa ta'ala akan kekal (berupa amal) yang nantinya akan menolong kita di dunia dan akhirat (Qs. Saba': 39).

4. Menghindarkan kita dari kerugian, marabahaya, bencana, kesusahan, bahkan mengubah takdir yang kurang baik (Qs. At-Taubah: 98).

5. Amalan yang pahalanya tidak putus-putus, sebagaimana hadist Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang diriwayatkan Imam Bukhari, yakni sedekah jariyah.

6. Sedekah di hari Jumat, dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain, seperti perbandingan antara sedekah di bulan Ramadhan dengan sedekah di selain Ramadhan. (Ibnul Qoyim)



Lengkapi waktu mustajab dengan sedekah Jumat

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Di hari Jumat terdapat suatu waktu, di mana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah setelah asar." - (HR. Ahmad).

Sahabat, InsyaAllah sedekah Jumatmu akan meringankan ujian dan menghadirkan kebahagiaan bagi saudara yang membutuhkan. Hingga tak hanya menjadi jalan kita untuk meraih ridho Allah subhanahu wa ta'ala tetapi juga menjadi jawaban atas doa orang-orang yang tengah diuji.

Bismillah. Yuk, jadikan sedekah Jumat sebagai kebiasaan baik kita. InsyaAllah, apa yang kita ikhtiarkan ini menghadirkan pahala berlipat dan membawa manfaat bagi sesama.

Bantuan pangan, bantuan hidup, dan bantuan-bantuan lainnya, InsyaAllah akan terus diantarkan kepada saudara yang membutuhkan.

Sahabat, sudah siap untuk menjadi pribadi yang istimewa dengan menunaikan sedekah di hari istimewa? Yuk, SEDEKAH JUMAT!

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Gerak Bareng Relawan, Kenyangkan Saudara Lewat Operasi Orang Lapar
Icon Image

Masyarakat Relawan Indonesia

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 18,881,470

234

Rp1,728,107

Terkumpul dari Rp30,000,000