back
home
Banner Detail
Ikhlas Menjaga dan Memakmurkan Masjid, Mari Muliakan Marbut!
Banner Content

Terkumpul

Rp322,785

dariRp30,000,000

12

Dermawan

144

Hari Tersisa

Act Logo 
Indonesia Dermawan
Marker Primary 
Indonesia
 
|
 
Dibuat 25 Jul 2022
Tugas mulia menjadi marbut masjid dan musholla masih minim apresiasi, namun dengan ikhlas para marbut di negeri ini terus menjaga kesucian dan memakmurkan masjid agar kita bisa beribadah dengan nyaman. Ayo, muliakan marbut dengan sedekah terbaikmu!
Sahabat, inilah salah satu tugas mulia di muka bumi ini, mereka adalah orang-orang yang ikhlas menjaga dan memakmurkan masjid. Tidak akan mereka biarkan bila melihat masjid kotor dan berantakan, mereka juga yang mengingatkan kita untuk solat tepat waktu sebanyak 5-6 kali dengan suara adzan dan pukulan bedugnya.


(Sumber foto: Merdeka.com)

Ya, mereka adalah penjaga masjid dan musholla, yang kita kenal juga dengan sebutan marbut. Seperti yang kita tahu, tugas utama marbut adalah menjaga kebersihan masjid agar senantiasa suci. Selain itu, ada banyak sekali tugas seorang marbut. Mereka juga terkadang diberi kepercayaan untuk menjadi muadzin atau bahkan imam di masjid, tak jarang mereka juga ikut andil dalam penyaluran sedekah dan zakat.

Tidak ada kriteria khusus untuk menjadi marbut, tapi biasanya seorang marbut diemban oleh laki-laki yang sudah balligh dan tinggal menetap di masjid. Banyak masjid dan musholla yang marbutnya adalah seorang lelaki paruh baya.

Para marbut ini menetap di masjid agar memudahkan aktivitasnya yang memang sebagian besar berada di dalam masjid. Biasanya masjid menyediakan ruangan kecil yang cukup dihuni untuk 1 orang, namun ada pula yang menyediakan satu rumah sederhana yang bisa menampung keluarga marbut untuk tinggal di sana. Tetapi ini sangat jarang terjadi, kecuali masjid-masjid besar di tengah kota.


(Sumber foto: Kompasiana.com)

Marbut adalah salah satu tugas yang mulia, karena jasanya kita semua bisa merasakan kenyamanan beribadah di masjid atau musholla, kita tenang beribadah di masjid atau musholla karena tahu pasti para marbut menjaga kesucian tempat ibadah yang kita datangi. Masyaallah tabarakallah, betapa besar jasa marbut, meski masih sedikit orang-orang yang menyadarinya.

Kemuliaan marbut masjid bahkan telah disabdakan oleh Rasulullah ﷺ melalui kisah seorang fulanah yang bertugas membersihkan masjid.

“Saya melihatnya berada dalam surga karena kotoran yang dia bersihkan dari masjid.” (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Kabir, no. 11442 dengan sanad Hasan).

Fulanah tersebut sehari-hari membersihkan masjid. Ia adalah orang yang lemah dan tidak memiliki kedudukan apa pun. Namun karena fulanah selalu menjaga kesucian masjid, Allah memberi ganjaran yang begitu mulia, yaitu syurga-Nya.


(Sumber foto: M. Ubaidillah)

Sahabat, sedih sekali ketika melihat fakta lapangan bahwa banyak marbut masjid yang tidak diupah dengan semestinya, atau bahkan tak menerima upah sepeser pun. Padahal mereka juga punya keluarga untuk dinafkahi, untuk pendidikan anak-anaknya, untuk makan sehari-hari, dan untuk mencukupi kebutuhan lainnya. Ya Sahabat, masih banyak marbut masjid dan musholla yang kesulitan hidupnya, dan kita tak boleh diam saja mengetahui fakta ini.

Mengetahui tugas marbut yang begitu sangat membantu kita semua untuk mendapatkan ketenangan dalam beribadah, sudah seharusnya kita memuliakan mereka dengan apapun yang bisa kita berikan sebagai penghargaan untuk mereka.

Untuk itu, Indonesia Dermawan mengajak Sahabat semua untuk memuliakan para marbut masjid dan musholla di Indonesia dengan sedekah terbaik di laman aksi ini. Yuk Bismillah, sedekah untuk marbut sekarang juga!

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Gerak Bareng Relawan, Kenyangkan Saudara Lewat Operasi Orang Lapar
Icon Image

Masyarakat Relawan Indonesia

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 18,881,470

234

Rp322,785

Terkumpul dari Rp30,000,000