back
home
Banner Detail
Mari Berjuang Bersama, Kuatkan Akidah Saudara di Afrika!
Banner Content

Terkumpul

Rp1,042,018

dariRp30,000,000

27

Dermawan

144

Hari Tersisa

Act Logo 
Indonesia Dermawan
Marker Primary 
Afrika
 
|
 
Dibuat 25 Jul 2022
Kelaparan dan kekeringan masih menghantui saudara di Afrika. Jutaan jiwa di sana terancam kerawanan pangan. Yuk jadi Sahabat Afrika dan lepaskan saudara dari kesulitan!

Sahabat, perlu kamu ketahui bahwa benua kedua yang terbesar menampung manusia di dunia yakni adalah Afrika. Benua hitam ini merupakan rumah bagi 1,3 miliar penduduk dunia berdasarkan perhitungan pada tahun 2018 lalu.

Tetapi rumah besar ini tidak lepas dari permasalahan. Kerap kita dengar berita mengenai kesulitan yang membelenggu masyarakatnya. Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengingatkan ada lebih dari 18,4 juta orang menghadapi kerawanan pangan yang parah. Risiko kelaparan meningkat salah satunya di Somalia, di mana lebih dari 200.000 orang sudah menghadapi bencana kelaparan.


(Sumber foto: WFP/Siegfried Modola)

Cuaca ekstrem juga kerap menjadi ancaman bagi mereka. Laboratorium Observasi Bumi NASA melaporkan musim kering dikhawatirkan berpotensi memicu darurat pangan terparah sejak 35 tahun. Sementara saat ini pemerintah di Somalia, Kenya, dan Etiopia sempat mengumumkan darurat air menyusul curah hujan yang rendah.

Selain kesulitan air, kondisi ini memicu hancurnya produksi pangan di bidang pertanian dan peternakan. Petani dan penggembala di Somalia dilaporkan harus berjalan sangat jauh untuk sekadar mencari area yang masih ditumbuhi rumput. Beberapa dari mereka yang tidak berhasil menemukan minum dan pangan untuk ternaknya, harus merugi karena mayoritas ternaknya mati.

Dengan kondisi yang benar-benar terhimpit, tentu dukungan sekecil apapun akan sangat berarti bagi saudara-saudara kita yang terdampak di Afrika kan, sahabat. Bukankah kita memang diperintahkan untuk saling meringankan beban sesama?


(Sumber foto: WFP/Siegfried Modola)

Kelaparan di negara-negara Afrika menjadi kelaparan yang paling parah di dunia. Kenyataan ini diperburuk dengan kondisi perekonomian mereka yang dikategorikan penduduk miskin, dan juga kekeringan parah yang bahkan bisa terjadi selama sepanjang tahun. Ancaman yang datang pun tidak hanya kelaparan, tapi juga kemiskinan, dan kematian.



Islam adalah agama yang rahmatan lil 'alamiin, yang membawa rahmat bagi seluruh umat manusia. Dalam hadist riwayat Bukhari No.12 disampaikan: "Ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah ﷺ, 'Islam yang bagaimana yang paling baik?' Beliau bersabda, 'Memberi makan (pada yang butuh), juga mengucapkan salam pada orang yang engkau kenal dan tidak engkau kenal."

Maka dari itu, mari kita bantu lepaskan beban mereka. Program Sahabat Afrika hadir untuk mengantarkan kepedulian kamu kepada saudara-saudara kita yang terdampak di negeri tersebut. Insya Allah, sedekah kamu akan menjadi penolong bagi mereka yang berada dalam kondisi kesulitan.

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon
Rp1,042,018

Terkumpul dari Rp30,000,000