back
home
Banner Detail
Teruskan Perjuangan, Teguhkan Keimanan Saudara Muslim Minoritas!
Banner Content

Terkumpul

Rp1,215,000

dariRp30,000,000

23

Dermawan

140

Hari Tersisa

Act Logo 
Indonesia Dermawan
Marker Primary 
Indonesia
 
|
 
Dibuat 26 Jul 2022
Meski memiliki predikat 'Negara Muslim Terbesar' di dunia, tetapi di beberapa daerah, muslim masih menjadi kelompok minoritas. Teguhkan keimanan mereka dengan ambil bagian menjadi Sahabat Muslim Minoritas!
Indonesia, menduduki posisi pertama sebagai Negara Muslim Terbesar di dunia, dengan total penduduk yang menganut agama Islam sebanyak 229 juta jiwa atau sekitar 84 persen.

Meski Indonesia dikatakan sebagai 'Negara Muslim Terbesar', namun tak berarti pada seluruh bagian wilayahnya dipadati dengan umat muslim.



Data Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menunjukan hingga 31 Desember 2021 setidaknya ada 5 provinsi di Indonesia memiliki presentase penduduk beragama Islam terkecil. Meliputi, Papua Barat (38,15 persen), Sulawesi Utara (31,8 persen), Papua (14,58 persen), Bali (10,07 persen) dan Nusa Tenggara Timur (9,45 persen).

Nusa Tenggara Timur (NTT), menjadi provinsi dengan proporsi muslim terkecil. Total hanya 518,92 ribu jiwa atau sekitar 9,45 persen dari jumlah keseluruhan penduduk yang mencapai 5,49 juta.

Data ini menunjukan bahwa meski mendapat predikat sebagai 'Negara Muslim Terbesar', kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan membuat penduduk pada kelima provinsi tersebut menjadi kelompok Islam minoritas.

(Sumber: Republika)

Tidak hanya pada kelima provinsi tersebut, di beberapa daerah terpencil lainnya pun masih ada saudara muslim minoritas yang kini tengah berjuang untuk meneguhkan akidah keislamannya.

Sahabat, perjuangan mempertahankan identitas muslim di tengah perbedaan budaya dan kultur sosial tentu tidaklah mudah. Tak seperti kita yang dapat dengan mudah mengakses masjid atau mushola, saudara muslim minoritas harus bersusah payah untuk memiliki sarana prasarana ibadah.

"Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu." (QS. Muhammad: 7).

(Sumber: Indonesiana)

InsyaAllah Indonesia Dermawan akan menggandeng mitra terbaik untuk memberikan bantuan bagi saudara muslim minoritas, baik dalam bentuk renovasi masjid atau mushola, pengadaan perlengkapan ibadah seperti mukena, sajadah, mushaf Al-quran, sarung, hingga pemenuhan biaya hidup.

Sahabat, dukungan kita adalah bukti kepedulian. Mari kokohkan akidah dan ambil peran untuk menjadi Sahabat Muslim Minoritas!

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Gerak Bareng Relawan, Kenyangkan Saudara Lewat Operasi Orang Lapar
Icon Image

Masyarakat Relawan Indonesia

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 18,881,470

230

Rp1,215,000

Terkumpul dari Rp30,000,000