back
home
Banner Detail
Bangun Sumur Indonesia, Banyak Saudara Kita Butuh Air Bersih
Banner Content

Terkumpul

Rp5,132,606

dariRp50,000,000

162

Dermawan

144

Hari Tersisa

Act Logo 
Indonesia Dermawan
Marker Primary 
Indonesia
 
|
 
Dibuat 27 Jul 2022
Kebutuhan air di Indonesia masih belum terpenuhi di beberapa wilayahnya. Ditambah krisis air karena berbagai faktor terus mengancam negeri kita. Mari kita jaga keberlangsungan air bersih ini dengan Bangun Sumur Indonesia!
Adanya air merupakan karunia besar yang seringkali terlewat untuk kita syukuri, sahabat. Sebagian besar dari kita mungkin saat ini sangat mudah memperoleh air. Kita tidak merasakan krisis air menjadi kendala dalam kehidupan kita saat ini.


(Sumber foto: Yusuf Nugroho)

Namun tidak semua wilayah bisa menikmati anugerah ini. Menurut catatan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019 ada 26,35 persen rumah tangga yang tidak memiliki akses air minum layak atau sumber air minum yang berasal dari perpipaan, kran umum, sumur bor/pompa, mata air terlindung, air kemasan, air yang dijual eceran atau keliling, dan air hujan.


(Sumber foto: Fhirlian Rizqi)

Kondisi semacam itu bukan hanya menimpa mereka yang ada di pelosok, sahabat. Bahkan, tahun 2018, masih ada 40 persen warga DKI Jakarta yang belum memiliki akses terhadap sumber air minum. Berdasarkan hasil survei kualitas air minum oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2021, hanya 17 persen rumah tangga di Indonesia yang mendapatkan akses air yang aman. Dan 1 dari 5 rumah tangga menggunakan air minum yang terkontaminasi tinja.

Hasil kajian dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyebutkan, dampak perubahan iklim selain krisis air bersih di tanah air, juga berpotensi timbulkan kerugian ekonomi hingga 544 triliun rupiah selama 2020 hingga 2024.

Krisis air bersih terjadi akibat tingginya kebutuhan air, terutama di kawasan perkotaan dan padat penduduk. Sementara, perubahan iklim mengakibatkan kekeringan dan pencemaran air yang mempengaruhi ketersediaan air bersih yang dibutuhkan masyarakat untuk air minum dan sanitasi.


(Sumber foto: Eko Ramdhani)

Distribusi air bersih menjadi salah satu langkah yang amat baik dan solutif dalam menghadapi kekeringan yang disebabkan oleh kemarau panjang. Namun antisipasi jangka panjang juga bisa dilakukan dengan cara membuat sumber air alternatif ketika sumber air utama benar-benar kering.

Keberadaan sumur sebagai sumber alternatif dapat menjadi pilihan. Kehadiran sumur di wilayah-wilayah kesulitan air di Indonesia, dapat tetap memudahkan masyarakat seperti saat musim kemarau di mana sumber air utama mereka mengering.

Mari sahabat, kita jaga sumber air kita dengan Bangun Sumur Indonesia. Sedekah terbaik kamu bisa menghadirkan sumber-sumber air di wilayah yang membutuhkan, dan merawat terus keberlangsungan air bersih untuk saudara-saudara kita yang sampai saat ini masih merasakan kesulitan mendapatkan air bersih dan kekeringan.

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Bersama LAZ Masjid Raya Bintaro Raya, Bantu Santri Dapatkan Qur’an Layak
Icon Image

Masjid Raya Bintaro Jaya

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 8,041,083

52

Rp5,132,606

Terkumpul dari Rp50,000,000