back
home
Banner Detail
Sedekah Makan Gratis
Banner Content

Terkumpul

Rp81,272,553

dariRp100,000,000

616

Dermawan

188

Hari Tersisa

Act Logo 
Aksi Cepat Tanggap
Marker Primary 
DKI Jakarta
 
|
 
Dibuat 22 Okt 2019
Humanity Foodtruck hadir untuk menjawab masalah kerawanan pangan bagi masyarakat miskin. Yuk, salurkan bantuan terbaikmu dan hantarkan hidangan lezat nan bergizi untuk mereka yang membutuhkan.
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Salam Indonesia Dermawan!

25,14 juta jiwa penduduk Indonesia hidup dalam keadaan miskin hingga hari ini. Data dari Biro Pusat Statistik 2019 ini menjelaskan juga bahwa mereka yang hidup dibawah garis kemiskinan juga mengalami kerawanan pangan.

Terutama bagi masyarakat miskin yang tinggal di perkotaan, mereka lebih rentan mengalami kerawanan pangan dibandingkan di pedesaan. Hal ini disebabkan oleh kondisi lahan pertanian yang hampir tidak ada dan pola hidup masyarakat perkotaan yang invidualis.

Pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi demi keberlangsungan hidup. Bagaimana mereka bisa hidup jika mereka sulit untuk mendapatkan makanan?

31571717641m4kixfst4dqkwbbn36lcbmk69j6jsfceurq5pcjr.jpg

Keutamaan Sedekah Makanan
Bersedekah dengan memberikan makanan kepada orang lain yang tengah dilanda kelaparan merupakan amal sosial yang mulia dan sangat dianjurkan dalam Islam. Mereka yang gemar member makan saudara sesamanya yang membutuhkan, kelak akan memperoleh naungan di hari perhitungan.

Dalam sebuah hadits Rasulullah bersabda “tiga pekara siapa pun yang ada padanya, kelak akan dinaungi oleh Allah di bawah arsy-Nya pada hari tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. Yaitu, berwudhu pada waktu cuaca dingin, mendatangi masjid meskipun gelap, dan memberi makan orang yang kelaparan.” (HR Abu Muslim al-Ashbahani).

Keajaiban Sedekah Makanan
Terdapat sebuah kisah pada saat Sayyidah Aisyah radiallahu anha menghidangkan makanan kesukaan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam yaitu paha domba. Rasulullah bertanya kepada istrinya apakah sudah dibagikan kepada tetangga-tetangga seperti Abu Hurairah, Ummu Ayman dan lainnya. Lalu Aisyah radiallahu anha menjawab sudah dibagikan kepada semua tetangga tersebut.

Aisyah radiallahu anha menegaskan kepada Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bahwa semua makanan sudah habis dibagikan kepada tetangga dan hanya tersisa beberapa potong daging dan berkata, "Sudah habis ku berikan, Ya Rasulullah... Hanya tertinggal apa yang ada di depan kita saat ini".

Mendengar istrinya berkata demikian, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam tersenyum dan mengatakan sepotong kalimat yang sangat dalam: "Engkau salah Aisyah, yang habis adalah apa yang kita makan ini dan yang kekal adalah apa yang kita sedekahkan." (HR. At-Tirmidzi)

Semasa hidupnya, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memberikan contoh untuk tidak makan secara berlebihan dan selalu bersedekah memberi makanan. Terdapat sebuah hadits sedekah makanan, "Kelak di akhirat manusia akan berkata, 'Inilah harta bendaku! Padahal tidak ada harta benda yang di perolehnya di dunia kecuali tiga hal : 1. Apa yang ia makan akan keluar dari tubuhnya menjadi kotoran. 2. Apa yang ia pakai akan menjadi rusak. 3. Dan Apa yang di sedekahkan akan menjadi kebaikan yang kekal baginya," (HR. Muslim).

Aksi Cepat Tanggap dengan Humanity Foodtrucknya hadir memberikan jawaban dari masalah kerawanan pangan. Dengan perlengkapan dapur yang setara restoran dan hotel bintang 5 dapat menyajikan 1000 porsi menu makanan bergizi bagi saudara kita yang dilanda kerawanan pangan.

31571717615tllovnzhjssleabef1robxrqjypcouomfitf7l0f.jpeg

Namun kami tidak ingin sendiri melakukannya, kami ingin mengajak sahabat dermawan untuk ikut berkontribusi membantu masyarakat miskin ibu kota dalam memenuhi kebutuhan pangan mereka.

Yuk, salurkan bantuan terbaikmu dan hantarkan hidangan lezat nan bergizi untuk mereka yang membutuhkan.

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Kirim Beras untuk Santri Indonesia
Icon Image

Aksi Cepat Tanggap

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 1,267,788,049

188

Rp81,272,553

Terkumpul dari Rp100,000,000