back
home
Banner Detail
Raih Amal Jariyah, Patungan Bangun Sumur Wakaf di Gaza Palestina
Banner Content

Terkumpul

Rp17,349,481,897

dariRp20,000,000,000

119091

Dermawan

189

Hari Tersisa

Act Logo 
Global Wakaf
Marker Primary 
Gaza, Palestina
 
|
 
Dibuat 23 Okt 2019
Lebih dari 90% air di Gaza, Palestina sudah terkontaminasi zat-zat berbahaya dan tak lagi layak konsumsi. Salah satu penyebabnya ada konflik yang belum juga berakhir. Alirkan keberkahan wakafmu hingga ke Bumi Syam dengan membangun sumur untuk Gaza!
Bismillahirrahmanirrahim...

Sahabat Dermawan, pernahkah membayangkan bagaimana jika lebih dari 90% air yang ada di lingkungan rumahmu tidak bisa dikonsumsi? Bukan hanya sekadar karena keruh, melainkan karena beracun?

Itulah kondisi yang terjadi di sebagian besar wilayah Gaza, Palestina. Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sekitar 97% air yang mengalir di permukiman warga Gaza sudah tercemar zat-zat berbahaya dan tak layak konsumsi. Lapisan akuifer di tanah Gaza yang rusak parah tidak lagi mampu menyaring salinitas dan tingginya kadar nitrat di air. Mengonsumsi air dengan kadar nitrat yang tinggi mampu memicu terjadinya berbagai penyakit. Selain itu, konflik berkepanjangan di Palestina yang berujung pada timbulnya limbah perang, serta hancurnya berbagai infrastruktur penunjang, menjadi faktor lain penyebab buruknya kualitas air di Gaza.

379ce1d4efc06734c8d55b25767a3af2.jpg

Ya, air bersih adalah barang langka di Gaza. Lalu, bagaimana warga bertahan dengan minimnya air bersih, padahal air adalah kebutuhan esensial bagi tubuh manusia? Membeli air dari luar wilayah Gaza adalah pilihan yang sulit bagi keluarga-keluarga yang sebagian besar berasal dari kalangan prasejahtera, karena harganya sangat tinggi.

7188148350dee17fdaffaf31f8c68e3f.jpg

Sejak 2019 Global Wakaf ACT tak henti mengikhtiarkan pembangunan sumur untuk mengalirkan air bersih ke wilayah-wilayah permukiman penduduk, masjid, sekolah, dan fasilitas umum lain yang tersebar di seluruh wilayah Gaza. Sejauh ini telah ada puluhan sumur yang aktif beroperasi, namun tentu belum mampu mengakomodasi seluruh kebutuhan warga.





Untuk itu, guna memaksimalkan pemanfaatannya, fokus selanjutnya adalah membangun water reservoir atau tandon air, yakni wadah tempat penampungan air bersih sebagai sarana pendistribusian air ke rumah-rumah warga.




Jika dibandingkan dengan sumur wakaf komunal yang telah dibangun sebelumnya, insyaAllah Water Reservoir lebih efisien. Sumur komunal hanya dapat dimanfaatkan oleh 1000 KK per hari sedangkan water reservoir diperkirakan dapat dimanfaatkan hingga 12.000 jiwa perhari atau sekitar 2.400 KK. Rencana terkini, Water Reservoir akan dibangun di 3 titik di The Central Palestinian Valley (West Bank); yakni Al-Jiftlik, Furush Beit Dajan, Zubeidat.

Partisipasi dari Sahabat Dermawan sangat dinantikan untuk kelancaran pembangunan ini. Yuk, terus alirkan air bersih untuk Gaza, yang insyaAllah akan mengalirkan pahala jariyah pula bagi kita lewat wakaf tunai untuk pembangunan water reservoir atau tandon air!

Update Donasi

Ico Green
Dermawan

Arrow Icon
Ico Green
Implementasi Terkini

Arrow Icon
Ico Green
Sub Campaign

Arrow Icon
Ico Green
Fundraiser

Arrow Icon

Rekomendasi lainnya

Image
Ayo Bangun Sumur Wakaf untuk Cegah Krisis Air di Penjuru Indonesia
Icon Image

Global Wakaf

Terkumpul

Hari Tersisa

Rp 1,206,878,054

128

Rp17,349,481,897

Terkumpul dari Rp20,000,000,000