Yuk, tunaikan wakaf modal usahamu sekarang untuk bantu para petani terbebas dari jerat riba dan menikmati jerih payah usahanya.

Bantu Petani dan Pedagang Kecil Bebas dari Riba dengan Wakaf Modal Usahamu

Update : 12 Nov, 2020

Sahabat Dermawan, ada cerita nyata yang ingin kami bagikan.

139a9ce48c55d89db4d156b5448154eb.jpg

Beliau adalah Mang Odang, usianya 59 tahun. Beliau kini memiliki 5 orang anak, dan 7 orang cucu. Sejak dulu, mang Odang telah menjadi petani dan bekerja di ladang, karena memang desa tempat beliau lahir dan besar merupakan daerah lumbung padi sejak jaman belanda.

Luas lahan yang dikelola mang Odang saat ini seluas setengah hektar yang disewa dari pemilik lahan. Selama ini, mang Odang mendapat modal untuk lahannya sebesar 3 juta, yang dibayar dengan sistem cicilan. Karena meminjam dari rentenir, jika dihitung-hitung, mang Odang harus membayar sekitar 4,3 juta per tahun, dengan besaran bunga sekitar 44%. "Memang sangat memberatkan, tapi mau gimana lagi. Mau gak mau terpaksa meminjam. Keadaannya semakin mencekik kalau sedang gagal panen," ujar mang Odang sambil tersenyum.

be5f2c30fef257f00ff0bb176a47e5c9.png

Selain Mang Odang, ada juga Pak Sampri. Di usianya yang sudah 67 tahun, masih harus ke sawah untuk bertanam padi dan jagung dengan kondisi keterbatasan yang ada. Warga Dusun Ngasinan, Purworejo, Gemolong, Sragen ini sehari-hari memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bertani. Sawah yang digarapnya pun juga tak banyak. Menggarap sawah yang sedikit pun masih terkendala pupuk dan serangan hama.

"Pupuk dan obat-obatan sebenarnya ada, tetapi biayanya untuk membeli itu yang tidak ada. Kalau dapat jatah pupuk pun tidak seberapa jumlahnya. Jadi kadang saya ambil gabungan dua macam saja, misal Urea sama ZA, atau TS sama Urea," kisahnya.

Sahabat Dermawan, masih banyak petani yang bernasib sama seperti Mang Odang dan Pak Sampri. Tak hanya petani, pedagang kecil pun turut merasakan beratnya menjalankan usaha mereka hingga harus berhutang pinjaman modal usaha dengan sistem riba.

1aba4104b25e5bc635af6ea258048e0b.jpg

Untuk menjawab kondisi ini, Global Wakaf hadir dengan sebuah program yang Insya Allah mampu meringankan problematika ini dan menurunkan angka kemiskinan umat melalui pemberdayaan usaha mikro dari hulu hingga ke hilir. Dan Insya Allah, Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap melalui program Wakaf Modal Usaha Mikro berikhtiar untuk meluaskan keberkahan dan kebermanfaatan wakaf dengan membersamai para petani dan pedagang kecil, terlepas dari jerat hutang riba rentenir.

Maka, kami mengajak Sahabat Dermawan agar turut serta dalam program ini dengan menunaikan Wakaf terbaik untuk dijadikan modal usaha bagi mereka para petani dan pedagang kecil yang membutuhkan. Dengan menggunakan konsep Qardul Hasan, kamu yang berwakaf akan bantu mereka yang menerima manfaat bantuan modal usaha hingga mereka lepas dari pinjaman riba yang selama ini menjadi benalu usaha mereka. Insyallah, solusi permasalahan permodalan dengan riba ini akan segera diganti dengan solusi permodalan yang syar'i dan tak memberatkan mereka yang membutuhkan. Melalui Wakaf Modal Usaha Mikro, insyaallah para petani dan para pengusaha mikro akan mendapat modal usaha tanpa bunga.

4b4920a47653d0de9ef71d6a88f20f33.jpg

Tak hanya itu, mereka juga akan mendapatkan pendampingan secara berkala dari Global Wakaf, untuk memastikan bahwa modal yang diterima dari wakaf tunai Sahabat Dermawan, benar-benar digunakan secara maksimal untuk menunjang usaha yang dijalankan. Sehingga, baik mereka yang menerima manfaatnya maupun kamu para pewakif, sama-sama menerima keberkahannya. Dan keberkahan ini, Insya Allah mengantarkan kita pada kondisi keumatan yang mandiri dalam membangun kehidupan serta terbebas dari kemiskinan.

Jadi, ayo bantu para petani dan pedagang kecil terbebas dari keterpurukan ekonomi dengan modal usaha dari wakafmu. Sebab wakaf menjadi tonggak peradaban dengan salah satunya melalui pemberdayaan ekonomi umat yang berkesinambungan, yang menghadirkan kebermanfaatan dan keberkahan nyata.

Yuk, tunaikan wakafmu sekarang bersama Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap!

Salurkan Wakaf terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Wakaf Sekarang'
2. Masukan nominal Wakaf
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Wakaf'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

#Perbaharui 16 Nov, 2020 Alhamdulillah, program Wakaf Modal Usaha Mikro yang diberikan oleh Tim Global Wakaf ACT, dapat membantu para petani yang kesulitan modal. Seperti Pak Waslim, petani padi di Kampung Badamusalam, Desa Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kabupaten Serang, Banten, mendapatkan Wakaf Modal Usaha untuk bertanam, pada 5 November 2020.

Terima kasih Sahabat Dermawan, atas kebaikan yang sudah kamu berikan dengan berwakaf untuk membantu para petani yang kesulitan dalam mendapatkan modal.

Global Wakaf

Created 13 Aug, 2020 Indonesia Wakaf

Featured Campaign

Target

Rp 233,737,569 Dari Rp 500,000,000

47% Terkumpul by 1,993 Sedekah 30 hari tersisa

Pilih Paket