Wakaf Modal Tanam Darimu Bantu Petani Putus dari Tengkulak

Terhimpit kebutuhan sehari-hari dan hutang yang harus dilunasi, para petani terpaksa meminjam ke tengkulak untuk modal tanam padi. Insya Allah Wakaf Modal Tanammu Jadi Solusi

Simpan

Wakaf Modal Tanam Darimu Bantu Petani Putus dari Tengkulak

Target

0 0

0%
0 148 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Wakaf Modal Tanam Darimu Bantu Petani Putus dari Tengkulak

Update : 22 Jun, 2021


Yasani dan Tasmiyah adalah pasangan suami istri yang mencari nafkah dengan bertani. Mereka berasal dari Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Pasangan ini sudah 30 tahun menekuni pekerjaan sebagai petani. Bersama-sama mereka garap sawah yang luasnya kurang dari setengah hektare untuk ditanami padi.

Pendapatan mereka dari mengolah lahan yang disewa dari orang lain ini digunakan untuk memenuhi beragam tanggungan. Mulai dari menopang ekonomi keluarga, menyiapkan modal di masa tanam selanjutnya, hingga membayar utang yang dipinjamnya untuk bertani. Tak tanggung-tanggung, bunga pinjaman dari tengkulak mencapai 50 persen dari total pinjaman.

622059f30b5967df78a67cf89a63706c.jpg

Yasani dan Tasmiyah merupakan potret kecil dari banyaknya petani serupa di Indonesia, terlilit hutang demi mendapatkan modal pupuk untuk ikhtiar bertani mereka. Global Wakaf ACT pun berikhtiar untuk membantu petani seperti mereka dalam memenuhi permodalan melalui dana wakaf darimu.

3f7b85654fa28886c11470e2fad53761.jpg

Insya Allah Wakaf Modal Tanam darimu bantu para petani terbebas dari jerat tengkulak dan bisa menjalankan penggarapan lahan dengan lebih tenang. Sehingga keuntungan bertani yang didapat, benar-benar bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Yuk, tunaikan wakaf modal tanammu sekarang bersama Global Wakaf Aksi Cepat Tanggap!

---

Photo: ACT, Suara Indonesia

Baca juga: Bantu Petani dan Pedagang Kecil Bebas dari Riba dengan Wakaf Modal Usahamu

Salurkan Wakaf terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Wakaf Sekarang'
2. Masukan nominal Wakaf
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Wakaf'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

#Perbaharui 24 Jun, 2021

Alhamdulillah, telah tersampaikan bantuan modal kerja pertanian dan saprodi berupa nutrisi hayati Bio MPPI dari Sahabat Dermawan kepada empat petani di Desa Situ Udik, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Bogor Barat. Implementasi berikut merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan teknis budidaya padi di hari Senin, 22 Maret 2021. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah Kepala Desa Situ Udik, yang turut serta mengucapkan terima kasih atas adanya program Wakaf Sawah Produktif.

Sedikit kisah dari kondisi di lokasi. Sebelum masa tanam padi dimulai, para petani menyelingi lahannya dengan tanaman ubi. Namun pada saat panen tiba, harga jual ubi di pasaran anjlok. Sehingga para petani menjual dengan harga murah yakni sekitar Rp 700/kg. Jika memang tidak laku, diberikan cuma-cuma kepada tetangga.

Saat masa tanam padi tiba, petani tidak memiliki modal dan kehilangan semangatnya untuk mengolah lahan sawah mereka. Masya Allah, atas skenario Allah, tim Global Wakaf - ACT hadir membersamai para pahlawan pangan untuk membangkitkan kembali semangat mereka ke sawah. Dimulai dari lahan sawah milik Pak Suhendar seluas 0.3 Ha yang ditanam bibit pada hari ini, selanjutnya akan berlanjut sesuai waktu pengolahan lahan pada masing-masing petani penerima manfaat sampai selesai penanaman di luasan lahan 2,5 Ha.

Bismillah, saat ini budidaya padi yang diterapkan pada program WSP di Desa Situ Udik menggunakan nutrisi hayati Bio MPPI. Selain semangat untuk ke sawah, setelah pemaparan pelatihan teknis budidaya di hari sebelumnya, petani pun semangat untuk mengubah pola budidaya kimiawi menjadi pola budidaya organik. Para petani siap mengoptimalkan program WSP yang membersamai mereka agar mendapatkan hasil yang optimal dari segi tonase beras, segi kesehatan beras untuk konsumsi, dan segi pengembalian fungsi tanah tanpa kimiawi.

 


Selain petani yang berusaha optimal, tim Global Wakaf - ACT juga mengoptimalkan kegiatan pendampingan agar hasil budidaya bisa optimal. Alhamdulillah, pendamping program juga sudah ada. Tugas dari pendamping program tersebut yakni monitoring perkembangan padi dan mendampingi aktivitas petani agar sesuai dengan SOP Budidaya Bio MPPI. 







Terima kasih ya Sahabat Dermawan, kedermawananmu sudah mengalir keberkahannya bagi para petani di berbagai wilayah di Indonesia. Semoga mengalir pula keberkahannya hingga akhirat kelak. Aamiin




Wakaf Sekarang