Bangkitkan Produktifitas Petani dengan Wakaf Pangan Produktif

Bangkitkan kemandirian dan produktifitas petani Indonesia dengan Wakaf Pangan Produktif! Mari jadikan wakaf sebagai energi kebangkitan bangsa!

Simpan

Bangkitkan Produktifitas Petani dengan Wakaf Pangan Produktif

Target

0 0

0%
0 117 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Bangkitkan Produktifitas Petani dengan Wakaf Pangan Produktif

Update : 03 Jun, 2021


"Kurang lebih 100 juta jiwa atau hampir separuh dari jumlah rakyat Indonesia bekerja di sektor pertanian." Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Jika setengah rakyat Indonesia menggantungkan hidup sebagai petani, maka para petani Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga ketahanan pangan seluruh masyarakat Indonesia di setiap penjuru negeri. Untuk itu, Global Wakaf terus berikhtiar untuk menjadikan petani terus berdaya, dengan wakaf sebagai energi kebangkitan bangsa.

fa6efc69f11e44d7e48ea204f90ddf97.jpg

Bangun Lumbung Beras Wakaf untuk bantu jaga ketahanan pangan: https://indonesiadermawan.id/LumbungBerasWakaf

Melalui Wakaf Pangan Produktif, insyaallah menjadi stimulus kemandirian para petani, baik kemandirian pupuk & kemandirian benih, serta kemandian modal kerja dari wakaf termasuk kepastian pembelian beras (hasil panen). Selain itu juga, program ini diniatkan untuk menghindari para petani dari tengkulak, sehingga petani mendapat kepastian benih, kepastian pupuk, kepastian modal kerja dan kepastian pasar, sehingga harga gabah terjamin sesuai harga pasar.

10808477e6826f72f0f115fda7bb0786.jpg

Selain itu, semua kebutuhan petani juga insyaallah dijamin oleh Global Wakaf melalui Wakaf Pangan Produktif ini, berupa modal, pupuk, benih dan pasar, sehingga nantinya tidak tergantung kepada kapitalis. Program wakaf ini akan dimaksimalkan dengan beberapa program turunan diantaranya melalui Wakaf Lahan, Wakaf Modal Usaha, dan Wakaf Sarana Kelola Hasil Panen berupa Lumbung Beras Wakaf.

91064f91f6a58f86bbc2a67b5ec2f667.jpg

Insyaallah, Wakaf Pangan produktif ini tak hanya akan menyelamatkan sektor pertanian yang menurun selama masa pandemi, tapi juga akan menyelamatkan setengah penduduk Indonesia yang mengabdikan dirinya sebagai petani, menuju kesejahteraan yang hakiki.

749d396dc766d62c3414990ab27b02f9.jpg

Sahabat, inilah saatnya Wakaf Pangan Produktif menjadi penggerak kebangkitan ekonomi umat, melalui pertanian menuju indonesia yang berdaulat pangan. Bismillah, ayo kita jadikan Wakaf sebagai energi kebangkitan bangsa!

Salurkan Wakaf terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Wakaf Sekarang'
2. Masukan nominal Wakaf
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Wakaf'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

#Perbaharui 24 Jun, 2021

Alhamdulillah telah tersampaikan bantuan modal kerja pertanian dan saprodi berupa nutrisi hayati Bio MPPI dari Sahabat Dermawan kepada empat petani di Desa Situ Udik, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Bogor Barat. Implementasi berikut merupakan tindak lanjut dari kegiatan pelatihan teknis budidaya padi pada Maret 2021. Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, salah satunya adalah Kepala Desa Situ Udik, yang turut serta mengucapkan terima kasih atas adanya program Wakaf Sawah Produktif.

Sedikit kisah dari kondisi di lokasi. Sebelum masa tanam padi dimulai, para petani menyelingi lahannya dengan tanaman ubi. Namun pada saat panen tiba, harga jual ubi di pasaran anjlok. Sehingga para petani menjual dengan harga murah yakni sekitar Rp 700/kg. Jika memang tidak laku, diberikan cuma-cuma kepada tetangga.

Bantuan dimulai dari lahan sawah milik Pak Suhendar seluas 0.3 Ha yang ditanam bibit pada hari ini, selanjutnya akan berlanjut sesuai waktu pengolahan lahan pada masing-masing petani penerima manfaat sampai selesai penanaman di luasan lahan 2,5 Ha.

 



Saat ini budidaya padi yang diterapkan pada program WSP di Desa Situ Udik menggunakan nutrisi hayati Bio MPPI. Selain semangat untuk ke sawah, setelah pemaparan pelatihan teknis budidaya di hari sebelumnya, petani pun semangat untuk mengubah pola budidaya kimiawi menjadi pola budidaya organik. Para petani siap mengoptimalkan program WSP yang membersamai mereka agar mendapatkan hasil yang optimal dari segi tonase beras, segi kesehatan beras untuk konsumsi, dan segi pengembalian fungsi tanah tanpa kimiawi.

 




Selain petani yang berusaha optimal, tim Global Wakaf - ACT juga mengoptimalkan kegiatan pendampingan agar hasil budidaya bisa optimal. Alhamdulillah, pendamping program juga sudah ada. Tugas dari pendamping program tersebut yakni monitoring perkembangan padi dan mendampingi aktivitas petani agar sesuai dengan SOP Budidaya Bio MPPI.


Bismillah, Semoga bantuan dari Sahabat Dermawan menebarkan banyak keberkahan bagi para petani yang menerimanya, keberkahan pula bagi kehidupan Sahabat Dermawan di dunia dan akhirat kelak. Aamiin.





Tidak ada hasil ditemukan
Wakaf Sekarang