Peluang Amal Jariyah Bantu Santri Perbaiki Pesantren Al Barkah

Asrama sempit, tempat MCK tidak layak dan kekurangan mushaf Al Quran; mari bersama bantu perbaiki kualitas sarana pendidikan santri Pesantren Al Barkah!

Simpan

Peluang Amal Jariyah Bantu Santri Perbaiki Pesantren Al Barkah

Target

0 0

0%
0 104 hari tersisa
Jadi Duta Kemanusiaan

Peluang Amal Jariyah Bantu Santri Perbaiki Pesantren Al Barkah

Update : 17 Mar, 2021


Pondok Pesantren Al Barkah terletak di Gunung Tua, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat. Pesantren ini telah berdiri sejak tahun 2005 dengan keterbatasan modal namun tekad dakwah yang tinggi.

Keikhlasan para ustadz dan ustadzah di Pesantren Al Barkah ini luar biasa. Meski diupah 6 ribu rupiah per jam, mereka tetap istiqomah membimbing para santri yang perlahan jumlahnya bertambah hingga kini memiliki sekitar 600 santri.

44435d7c623e196b19ae1555b096eb4b.jpg

Namun sayangnya, mereka memiliki keterbatasan biaya untuk berbagai fasilitas, termasuk tempat tinggal santri. Ya, di Pesantren Al barkah ini para santri harus tinggal di ruangan seluas 2x2 meter persegi saja, itu pun diisi bersama oleh 2 sampai 3 orang. Bahkan ustadz dan ustadzahnya pun tinggal di lokasi yang serupa.

afff4f24361ef64e966365f6e79862f6.jpg

“Pondok-pondok kecil ini tempat kami tinggal, Pak. Kami masak dan semua aktivitas di dalam ini. Iya, kadang panas, sempit dan sesak juga Pak”. Begitu ucap Ali Wardana, salah satu santri Pesantren Al Barkah.

Santri di Pesantren Al Barkah ini rata-rata berasal dari keluarga kurang mampu, anak yatim, dhuafa dan juga yang putus sekolah. “Kami memilih mondok disini (karena) lebih murah. Ibu kami cukup bayar 35 ribu perbulan. Dan kami juga bisa masak sendiri, karena kami gak punya uang untuk jajan". Begitu ucap Muhammad Farel, salah satu santri Pesantren Al Barkah.

2679266d2126dd432d82c3c693bf5c74.jpg

Dengan segala keterbatasan, semangat mereka belajar dan menghafal Al Quran sungguh luar biasa. Rata-rata anak-anak ini sudah hafidz Al Quran 3 sampai 7 juz, meski mushaf Al Quran mereka harus bergantian karena 1 mushaf untuk 3 orang). Masyaa Allah.

421beff09d908228ab9839ebd4c0135b.jpg

Pondok Pesantren Al Barkah ini juga sudah 10 tahun terakhir tidak memiliki sumber air karena sudah kering dan sumurnya pun tidak layak digunakan bersebab airnya keruh. 600 santri di sini juga kesulitan wudhu karena harus berjalan 0,5 km untuk ke sungai dan jika malam hari mereka terpaksa gunakan air yang keruh.

Setelah mengunjungi langsung Pesantren Al Barkah ini, Tim Aksi Cepat Tanggap berinisiatif untuk membangun asrama yang lebih layak, MCK, hingga sumur bor demi menunjang kebutuhan mereka sehari-hari. Insyaa Allah, ini semua dilakukan demi perbaikan kualitas pendidikan mereka dan mengharap ridho Allah ta'ala. Ikutan yuk! Mari turut bersedekah bantu Pesantren Al Barkah!

Salurkan Sedekah terbaik Sahabat Dermawan dengan cara:

1. Klik 'Sedekah Sekarang'
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer BNI Syariah/Mandiri/BCA/BNI/BRI, Gopay, OVO atau Kartu Kredit
4. Klik 'Sedekah'
5. Dapatkan laporan via email

Silahkan untuk share juga halaman ini agar lebih banyak doa dan sedekah yang terkumpul.

#Perbaharui 30 Mar, 2021 Alhamdulillah pembangunan MCK santri Al Barkah berjalan dengan lancar.

Saat ini open donasi terus di lakukan untuk pembangunan al barkah. Karena akan butuh 20 unit lagi untuk memenuhi kebutuhan MCK 606 santri.

progres pengerjaan :
1. Pondasi sudah terpasang hingga tahap semen
2. Pemasangan tiang besi sudah di lakukan.
3. Tahap penimbunanan pondasi sudah dilakukan.









Sedekah Sekarang